kuping kiri

Jangan Tinggalkan Sarapan bila Tidak Sedang Puasa! Ini Penjelasannya

Jangan Tinggalkan Sarapan bila Tidak Sedang Puasa! Ini Penjelasannya

Manfaat lain, sarapan bisa menjaga kesehatan tubuh. Banyak kajian di In­do­nesia menunjukkan 16,9 hingga 59 persen anak seko­lah-remaja dan 31,2 persen orang dewasa tidak terbiasa dengan sarapan.

Lalu bagaimana yang dimaksud sarapan sehat?

Dikatakan, yang dimaksud sarapan sehat adalah sa­rapan yang dilakukan setiap hari sebelum pukul 09.00 pa­gi. Santapan ini juga harus me­menuhi 15 hingga 30 per­sen kebutuhan gizi ha­rian. 

“Membiasakan sarapan bergizi dan tepat waktu pen­ting dilakukan, terutama ba­gi anak usia sekolah. Fung­sinya untuk mening­kat­­kan kesehatan dan kecer­da­san anak,” kata Rachmi.

Sementara itu, Ketua Umum Perhimpunan Peminat Gizi dan Pa­ngan (Pergizi Pangan) Indo­nesia, Prof Dr Ir H Har­din­syah MS menambahkan, jika kebiasaan sarapan tidak ditanamkan sejak dini, maka bisa berdampak bu­ruk pada kualitas generasi penerus bangsa.

Selain menambah ener­gi, berikut beberapa alasan alasan mengapa aktivitas sarapan itu penting dila­kukan:

Meningkatkan sistem imun: Penelitian lainnya me­nya­­­takan kalau makan besar di pagi hari mampu mem­bu­at Anda terhindar dari ri­siko serangan penyakit flu. Se­perti yang diketahui, flu bia­sanya disebabkan oleh sis­tem kekebalan yang ren­dah.

Panjang umur: Berbagai manfaat dari sarapan sudah disebutkan. Jika disimpulkan, sarapan se­cara tidak langsung mem­bantu Anda untuk memper­panjang usia.

Menurunkan berat badan: Sarapan membantu sis­tem metabolisme bekerja se­cara stabil. Sehingga pem­ba­karan lemak akan berja­lan dengan maksimal, berat ba­dan pun mampu menu­run.

Menjaga kesehatan jantung: Banyak penelitian yang menyebutkan sarapan pen­ting bagi kesehatan jantung. Sebab orang-orang yang terbiasa sarapan punya ka­dar kolesterol yang rendah, ukuran yang lebih kecil, dan kadar insulin yang stabil dalam darahnya.

Tak sarapan, konsentrasi hilang: Menurut penelitian, anak yang biasa sarapan akan mendapat prestasi lebih bagus dibandingkan anak yang tidak pernah sara­pan. Selain itu, mereka le­bih aktif daripada anak yang tidak sarapan. Karena asupan gizi mereka terpe­nuhi di pagi hari untuk memulai aktifitas mereka.

Karenanya, biasakanlah menyediakan menu sarapan yang sehat bagi putra putri Anda setiap pagi, karna menu tersebut sangat pen­ting bagi perkembangan dan pertumbuhan mere­ka.” Ini­lah yang sering tidak disa­dari oleh orangtua. Kurang peduli untuk memberi anak­nya sarapan setiap pagi se­belum berangkat ke seko­lah,” kata Prof Hardinsyah. (*)

Laporan: cirebonplus.com dikutip dari berbagai sumber/foto: internet

Related posts