kuping kiri

Kabupaten Cirebon Dapat Jatah 435 PJU, 44 Desa Bakal Terang Benderang

Kabupaten Cirebon Dapat Jatah 435 PJU, 44 Desa Bakal Terang Benderang

Cirebonplus.com (C+) – Sebanyak 44 desa di 13 kecamatan yang berada di sepanjang jalur pantura Kabupaten Cirebon akan dipasangi lampu penerangan jalan umum (PJU) sebanyak 435 titik. Kepastian tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon, Drs H Abraham Mohamad MSi.

Menurutnya, Dishub Kabupaten Cirebon akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan hal itu demi Kabupaten Cirebon Smart City. Program tersebut diajukan ke Kementrian Perhubungan dan Kementrian ESDM.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Suara Cirebon,  bantuan PJU sebanyak 435 titik itu berawal dari pengajuan sebanyak 175 titik PJU. Namun pihak Dishub telah mendapat tambahan PJU sebanyak 250 titik.

Dishub berencana, sebelum dilaksanakannya pemasangan akan mengundang seluruh kepala desa yang mendapat hibah PJU tersebut. Sementara untuk pemasangan PJU sendiri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon hanya sebatas penerima manfaat bantuan.

Adapun 13 kecamatan itu antara lain Gegesik, Kaliwedi, Palimanan, Suranenggala, Panguragan, Jamblang, Gunungjati, Kapetakan, Mundu, Pangenan, Gebang, Losari, dan Dukupuntang.

Abraham mengataka, bantuan hibah dari Kementerian ESDM tersebut akan dilaksanakan pada awal November nanti. “Rencananya pemasangan itu dilakukan awal bulan November mendatang. Kami bisa mendapatkan hibah PJU banyak dibandingkan dengan kabupaten/kota tetangga dari Kementrian ESDM, karena Kabupaten Cirebon paling siap dalam segi administrasi dan teknisnya dibandingkan daerah lain,” ujarnya, Senin (22/10).

Abraham menyebutkan, dari awal lelang sampai dengan material PJU dan pemasangan, semuanya dari pusat, karena pihak rekanan yang melaksanakan proyek tersebut  dari pusat. Tanpa adanya  aliran dana ke kabupaten. (Ril/C+3)

Related posts