kuping kiri

Kader WTC Ingin Calonkan Tarmadi, PPP Tegaskan Semua Aspirasi Ditampung

Kader WTC Ingin Calonkan Tarmadi, PPP Tegaskan Semua Aspirasi Ditampung

CIREBON (Ci+) – Sebagian kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Cirebon, terutama dari wilayah timur menginginkan partainya mengusung H Tarmadi dalam pemilihan bupati (pilbup). Mantan anggota DPRD itu dianggap potensial dan memiliki kedekatan psikologis dengan PPP, karena merupakan tokoh yang dekat dengan kalangan santri.

“Kami berharap PPP bisa mencalonkan Pak H Tarmadi sebagai calon bupati. Kami kader dari wilayah timur Cirebon (WTC) yakin H Tarmadi potensial menarik suara,” kata salahsatu pengurus PPP dari WTC yang enggan disebutkan namanya.

Menurutnya, pengurus PPP Kabupaten Cirebon di bawah kepemimpinan Mujahid MPd juga mayoritas memiliki kedekatan personal dengan Tarmadi. Terutama dari sisi latar belakangnya dari kalangan santri Nahdlatul Ulama (NU).

Ia mayakini, konsolidasi PPP wilayah III Cirebon yang diadakan di Gebang menjadi sinyal kecenderungan dukungan ke Tarmadi. Pasalnya Gebang merupakan daerah basis suara Tarmadi.

“Itu hanya usulan mas. Monggo silahkan kawan-kawan pengurus PPP lainnya berpendapat dan menyampaikan aspirasi untuk selanjutkan digodog,” tambah dia.

Menanggapi usulan tersebut, Ketua DPC PPP Kabupaten Cirebon, Mujahid mengatakan, sah-sah saja kader baik yang di struktural maupun kultural mengusulkan nama-nama baka calon bupati atau wakil bupati. Justru itu merupakan sinyal positif adanya ghiroh (semangat) dari kader PPP.

Menurutnya, semakin banyak aspirasi semakin bagus. Sebab akan memudahkan PPP dalam memilih siapa yang layak dicalonkan.

“Semua kader bisa mengusulkan, tetapi partai memiliki mekanisme tersendiri dalam menentukan nama calon bupati dan wakil bupati. Tunggu saja tanggal mainnya,” kata Mujahid kepada cirebonplus.com, Rabu (15/3).

Sejauh ini, lanjut dia, selain usulan dari bawah, sejumlah nama tokoh yang masuk dalam bursa bakal calon bupati (bacabup) sebagian sudah meminta PPP bergabung dalam koalisi untuk mengusung mereka. Partainya juga akan menampung dan membawanya dalam forum resmi partai untuk digodog.

Yang pasti, kata dia, PPP memiliki prasyarat dan parameter dalam menentukan calon bupati atau wakil bupati. Di antaranya adalah punya popularitas dan elektabilitas tinggi, memiliki visi yang sama dalam memajukan daerah, memberikan manfaat bagi PPP, selaras dengan target-target partai, serta disetujui para kiai.

Dikatakan, saat ini partainya sedang fokus menyiapkan infrastruktur dan penguatan internal. Setelah selesai baru akan masuk ke tahapan Pilbup 2018. (*)

Laporan: Mahrus Ali

 

Related posts