kuping kiri

Kang Wawan Dipercaya Pimpin Syuriah PCNU Kabupaten Cirebon

Kang Wawan Dipercaya Pimpin Syuriah PCNU Kabupaten Cirebon

CIREBON (Ci+) – Konferensi Cabang (Konfercab) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Cirebon memilih KH Wawan Arwani sebagai rois Syuriah menggantikan KH Usamah Manshur. Kang Wawan, sapaan KH Wawan Arwani dipilih oleh lima ulama Ahlul Halli wal Aqdi (AHWA).

Kelima anggota AHWA itu antara lain Pengasuh Pondok Pesantren (Pontren) Al Maunah Kepuh Palimanan KH Bahrudin Yusuf. Beliau juga ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Cirebon.

Berikutnya adalah Pengasuh Pontren Annasuha Kalimukti Pabedilan KH Usamah Manshur. Beliau juga menjabat Katib Syuriah PWNU Jawa Barat dan juga mantan rois Syuriah PCNU Kabupaten Cirebon.

Ketiga adalah Pengasuh Pontren Buntet KH Wawan Arwani. Beliau, selain menjabat pengurus di PBNU, juga merupakan ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Cirebon.

Sedangkan dua nama lainnya adalah KH Marzuki Amin dan KH Abdul Basith. “Setelah proses pemilihan lima AHWA selesai, masuk ke pemilihan rois. Yang memilih lima ulama tadi dan disepakati KH Wawan Arwani,” kata Ketua Panitia Konfercab NU Saefudin Jazuli.

AHWA sendiri dipilih oleh para rois Syuriah Majelis Wakil Cabang (MWC) setiap kecamatan. Mereka memilih lima orang dari beberapa nama yang di antaranya dijaring panitia. (*)

Laporan: Mahrus Ali

Related posts