kuping kiri

Kartanu Multiguna Bisa Menghasilkan Income untuk Pengembangan Ekonomi

Kartanu Multiguna Bisa Menghasilkan Income untuk Pengembangan Ekonomi

CIREBON (Ci+) – Tema penguatan dan kemandirian ekonomi menyeruak di Konferensi Cabang (Konfercab) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Cirebon, Sabtu (25/2). Diawali dengan penekanan-penekanan masalah ekonomi dalam pidato pembuka Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU Dr H Helmy Faisal Zaini di Pesantren Ulumudin Susukan.

Menurut Helmy, tantangan bangsa yang paling berat, termasuk bagi jam’iyah NU adalah masalah ekonomi. Karena itu NU harus makin aktif melakukan pemberdayaan ekonomi, baik lembaga maupun jamaah Nahdliyin.

Keluarga besar NU, kata dia, memiliki sumber daya yang cukup besar. Potensi tersebut sangat bisa dikembangkan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan Nahdliyin.

“Tantangan bangsa ini yang paling besar adalah masalah ekonomi. Termasuk untuk NU baik jamaah maupun jamiyah,” ujar Helmy.

Di tempat berbeda, Wakil Ketua Bidang Ekonomi PBNU Dr H Eman Suryaman MM berpendapat, salahsatu yang bisa dikembangkan adalah pola kerjasama dalam konsep Kartu Tanda Anggota NU (Kartanu). Kartanu yang berfungsi sebagai kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) bisa menghasilkan income bagi organisasi.

“Dari dana yang terkumpul, bisa digunakan untuk pemberdayaan ekonomi dan lainnya,” ujar mantan ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Barat itu. (*)

Laporan: Abdurohim

 

Related posts