kuping kiri

Kawal Aspirasi Bawah, Sukaryadi Siap Mundur bila Rekom ke Petahana

Kawal Aspirasi Bawah, Sukaryadi Siap Mundur bila Rekom ke Petahana

Cirebonplus.com (C+) – Ketua DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Cirebon, Sukaryadi sangat menghormati sikap dan keinginan jajaran struktur tingkat bawah. Karena itu siap mengawal aspirasi para pengurus DPC, DPRT, dan KSN yang menolak rekomendasi partainya untuk pasangan H Sunjaya Purwadisastra-H Imron Rosyadi.

Bahkan, Sukaryadi siap mengundurkan diri sebagai ketua, bila rekomendasi Nasdem tidak sesuai keinginan arus bawah. Sebagai pimpinan partai di tingkat daerah, ia merasa gagal bila aspirasi yang diinginkan tidak terwujud.

Penegasan tersebut disampaikan Sukaryadi saat menggelar pertemuan khusus dengan pengurus DPC, DPRT, dan KSN se-Kabupaten Cirebon di sekretariat DPD Partai Nasdem Jalan Raya Plumbon, Rabu (3/1). Sukaryadi menjelaskan, pertemuan dilakukan untuk mengklarifikasi pernyataan dirinya di sejumlah media bahwa Partai Nasdem akan mendukung petahana pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Cirebon.

Ia merasa pernyataan dukungan kepada petahana yang disampaikan ke media, bukan tanpa dasar. Sebelumnya ia mendapatkan informasi seperti apa yang disampaikan kepada wartawan.

“Saya dipanggil oleh DPW dan saya disarankan untuk mengambil rekomendasi pada tanggal 5 Januari nanti. Dan kabarnya rekomendasi akan jatuh kepada Sunjaya-Imron,” ungkap Sukaryadi kepada cirebonplus.com.

Dalam pertemuan itu, sebagian besar pengurus DPC meminta DPD tidak mengambil surat rekomendasi pada tanggal 5 Januari nanti. Sukaryadi belum bisa memutuskan, karena harus melakukan pembahasan terlebih dahulu di tingkat DPD.

Secara kepartaian, Sukaryadi akan berbesar jiwa untuk bisa menerima isi rekomendasi. Meskipun demikian, ia tidak menghendaki rekomendasi itu turun untuk petahana.

“Saya sudah mempertimbangkan baik dan buruknya Nasdem mendukung kandidat dan harus menjadi pertimbangan kami. Tetapi DPD hanya melaksanakan keputusan DPP,” seraya mengatakan, mungkin saja petahana telah melakukan lobi ke tingkat atas.

Adanya pro dan kontra di tingkat DPC dan DPRT, lanjut Sukaryadi, adalah hal yang wajar. Pasalnya, bisa membuat Partai Nadem hidup dan dinamis.

“DPC menginginkan rekomendasi jangan ke Sunjaya, karena selama ini tidak pernah memberikan kontribusi apapun kepada partai dan tidak pernah silaturahmi. Terlebih kinerja petahana juga kurang bagus,” paparnya.

Kalau kabar rekomendasi ke petahana benar, Sukaryadi memprediksi para pengurus DPC, DPRT, dan KSN akan membekukan diri dan tidak akan aktif membesarkan partai. Hal itu terlihat dari kerasnya penolakan yang disampaikan.

“Saya siap melepas jabatan ketua DPD Partai Nasdem. Silahkan ganti saya dan cari orang yang lebih baik,” tegas dia. (*)

Laporan: DK Priyansa

Related posts