kuping kiri

KBNU Kecamatan Gebang Dirikan Posko Peduli Korban Banjir

KBNU Kecamatan Gebang Dirikan Posko Peduli Korban Banjir

GEBANG (Ci+) – Bencana banjir yang terjadi di wilayah timur Cirebon (WTC) sejak Senin (2/1) memantik kepedulian dari sebagian masyarakat. Di antaranya ditunjukkan Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (KBNU) Kecamatan Gebang dengan mendirikan Posko Peduli Korban Banjir bertempat di kantor Aswaja Centre Desa Gebangudik, Kecamatan Gebang.

Koordinator Pelaksana Posko Peduli Korban Banjir KBNU Gebang, Kiai Muhammad Ishlahuddin kepada cirebonplus.com mengungkapkan, banjir di beberapa desa Kecamatan Gebang tergolong parah. Ia meyakini banyak korban terdampak yang membutuhkan bantuan baik makanan maupun peralatan.

Hanya beberapa saat setelah mendengar ada bencana banjir, pihaknya langsung berkoordinasi dengan seluruh komponon organisasi NU di Kecamatan Gebang seperti MWC NU, Muslimat, Fatayat, Rijalul Ansor, IPNU, dan IPPNU untuk menggalang bantuan kepedulian. Sehingga munculah gagasan pendirian posko tersebut.

Menurutnya, pendirian posko merupakan salahsatu bentuk kepedulian KBNU terhadap bencana banjir yang menimpa sejumlah desa di Kecamatan Gebang. “Kami langsung berkoordinasi dengan seluruh badan otonom NU Gebang. Alhamdulillah berdiri posko ini,” kata Kiai Ishlahuddin, Rabu (4/1).

Selain posko, KBNU juga ikut menerjunkan anggota IPNU, IPPNU, dan GP Ansor untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dalam pelayanan terhadap korban banjir dan ikut tim dari Tagana Kabupaten Cirebon dalam penanganan banjir.

Dikatakan, sejauh ini pihaknya menampung bantuan, terutama makanan dari keluarga besar NU dari berbagai daerah, khususnya di Kabupaten Cirebon. Tak menunggu lama, setelah bantuan turun pihaknya langsung membagikan makanan tersebut kepada masyarakat Gebang korban banjir.

Ketua MWC NU Kecamatan Gebang, KH Imam Supardi mengapresiasi gerakan yang tanggap dari seluruh badan otonom NU untuk membantu para korban banjir. “Semoga membawa maslahah lil ummah,” tuturnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberikan bantuan untuk korban banjir melalui posko yang didirikan KBNU Gebang. (Ci+102)

Related posts