kuping kiri

Kejar Target, Bawaslu Dampingi Panwascam yang Belum Penuhi Kuota PTPS

Kejar Target, Bawaslu Dampingi Panwascam yang Belum Penuhi Kuota PTPS

Cirebonplus.com (C+) – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) menolak permintaan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait syarat Pengawas TPS (PTPS) ditolak. Ini artinya, anggota PTPS tetap harus berusia minimal 25 tahun dan lulusan SMA atau sederajat.

Kordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Komisioner Bawaslu Kabupaten Cirebon, Minkhatul Maula SS mengatakan, pihaknya akan berupaya dan memaksimalkan waktu untuk menjaring PTPS di 40 kecamatan. Tentunya yang sesuai dengan kualifikasi atau syarat yang sudah ditetapkan oleh undang-undang (UU).

“Untuk kualifikasi Pengawas TPS kami Bawaslu Kabupaten Cirebon akan terus berupaya dan memaksimalkan waktu untuk penjaringan Pengawas TPS di seluruh kecamatan, yang sesuai memenuhi syarat,” kata dia menjelaskan kepada Cirebonplus.com, Sabtu (16/3).

Saat ini, rekrutmen PTPS tinggal menyisakan kouta sekitar 10 persen lagi. Pihaknya pun telah mengadakan rapat kordinasi (rakor) PTPS pada tanggal 15 maret 2019 untuk memaksmialkan perekrutan bagi yang belum. Hadir dalam rapat tersebut Divisi SDM dan Organisasi dari 40 Panwascam.

“Dalam rakor kemarin, kami mengundang Divisi SDM dan Organisasi dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon. Tujuan diadakannya rakor untuk men-support pengawas ditingkat kecamatan dan mencari pemecahan masalahnya,” papar di.

Dikatakan, hasil rakor langsung ditindaklanjuti dengan pendampingan langsung oleh Bawaslu Kabupaten Cirebon ke kecamatan yang akan dimulai Sabtu (16/3), terutama kecamatan-kecamatan yang belum memenuhi kuota PTPS.

Pihaknya menyayangkan, banyak pendaftar calon PTPS yang sangat potensial, tetapi tak sesuai dengan kualifikasi yang sudah ditetapkan oleh undang-undang.

“Sebenarnya banyak yang daftar dan bersedia menjadi PTPS, jumlah pendaftar sebanyak 2.877, itu kategori tidak memenuhi syarat (TMS). Sejauh ini dalam Pileg dan Pilpres belum ada kebijakan apapun terkait penurunan kualifikasi, jadi kami harus mengikuti peraturan dan undang-undang yang berlaku,”kata dia.

Dalam waktu dekat, Bawaslu akan segera menenuhi PTPS di  kecamatan yang masih kurang memenuhi kuota hingga 20 Maret. Selain itu, ia berharap kepada masyarakat untuk bersedia dan terpanggil menjadi PTPS.

“Saya selaku Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Cirebon berharap masyarakat terpanggil dan bersedia mendaftarkan diri untuk menjadi Pengawas TPS dengan ketentuan syarat yang telah diatur oleh UU Nomor 7 Tahun 2017,” kata dia. (Muhamad Surya/C+2)

Related posts