kuping kiri

Kembangkan Bakat Sepakbola, SMP NU Uswatun Hasanah Jagapura Bentuk SSB

Kembangkan Bakat Sepakbola, SMP NU Uswatun Hasanah Jagapura Bentuk SSB

Cirebonplus.com (C+) – Tingginya minat anak didik untuk berlatih sepakbola direspons serius Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nahdlatul Ulama (NU) Uswatun Hasanah. Untuk memfasilitasi tumbuh kembang bakat main bola, sekolah yang beralamat di Desa Jagapura Kulon, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon ini membentuk Sekolah Sepakbola (SSB) Tunas yang merupakan kependekan dari Uswatun Hasanah.

Kepala SMP NU Uswatun Hasanah, H Ibnu Baiquni Lc mengatakan, pembentukan SSB tidak hanya berangkat dari tingginya minat anak didiknya. SSB juga berdiri didasari keinginan untuk membuat tim sepakbola dengan manajemen yang serius.

“Untuk jalannya aktivitas SSB tentu kami menggandeng berbagai pihak, misalnya pemerintah desa (pemdes) untuk izin lapangan. Untuk manajemen kami menggandeng orang profesional yang berpengalaman menangani manajerial di lembaga bisnis dan even,” ungkap pria lulusan perguruan tinggi di Sudan, Afrika itu.

Sedangkan untuk mengasah skill bermain bola siswa SSB Tunas Jagapura, pihaknya mendatangkan pelatih yang berpengalaman di bidangnya, terutama sebagai pemain yang memiliki jam terbang. Saat ini yang didatangkan baru dua pelatih.

Tidak menutup kemungkinan jumlah pelatih akan ditambah, terutama apabila jumlah anak didik SSB bertambah dan kelompok umurnya makin banyak. Jika perkembangannya menggembirakan, maka SSB bisa saja membuka ruang bagi kelompok usia lainnya, selain yang sudh da U-13, U-14, dan U-15.

“Jadi, proses latihan SSB ini serius. Mereka tak hanya diajarkan sekadar bisa menendang bola, tapi juga teknik, strategi, aturan main, dan tentunya akhlak (etika) dalam permainan sepakbola seperti menjunjung tinggi sportivitas dan lainnya,” lanjut dia didampingi guru olahraga SMP NU Uswatun Hasanah, Aziz dan dua pelatih usai latihan.

Kepala sekolah yang biasa disapa Nanu itu berharap semua pihak dapat mendukung SSB Tunas Jagapura. Pasalnya, visi ke depan SSB ini ingin mencetak atlet-atlet sepakbola yang mumpuni dan menjadi kebanggaan masyarakat Jagapura khususnya, Kecamatan Gegesik pada umumnya. “Tanpa support dari berbagai pihak cita-cita kami tentu tidaklah mudah untuk digapai. Doakan kami agar SSB ini istiqomah dan terus berkembang,” harap dia. (Abdullah)

Related posts