kuping kiri

Kerja Keras Dapat 44.981 Suara, Yuningsih Kantongi 1 Tiket ke DPRD Jabar

Kerja Keras Dapat 44.981 Suara, Yuningsih Kantongi 1 Tiket ke DPRD Jabar

Cirebonplus.com (C+) – Pantang menyerah dan semangat tinggi. Hal itulah yang menjadi modal dasar Hj Yuningsih MM untuk meraih sukses seperti sekarang ini.

Semua orang dekatnya paham, setiap kali politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menargetkan sesuatu, pasti akan dikejar hingga dapat. Di antara keberhasilan atas kesungguhan dan kerja keras pantang menyerahnya adalah kesuksesan Mbak Ning, sapaan akrabnya, dalam menduduki jabatan politik.

Mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu berhasil menduduki kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon selama dua periode. Bahkan, di periode keduanya perempuan asli kampung nelayan Gebang, Kabupaten Cirebon itu berhasil menyisihkan politisi pria untuk menduduki kursi pimpinan sebagai wakil ketua DPRD. Itu artinya, ia adalah perempuan kedua yang duduk di jajaran pimpinan dewan sejak Pemilu era reformasi.

Setelah dua periode di DPRD tingkat kabupaten, perempuan licah ini mencoba peruntungan dengan berjuang berebut suara untuk jatah satu kursi di DPRD Provinsi Jawa Barat. Tanpa lelah, selama tujuh bulan Yuningsih keliling Cirebon-Indramayu, dari desa satu ke desa lainnya, dari kampung satu ke kampung lainnya untuk mempromosikan visi misinya maju sebagai calon anggota dewan Provinsi Jawa Barat.

Yuningsih maju dari PKB nomor urut 3. Ia bersaing dengan sejumlah politisi yang sudah punya nama dan banyak makan asam garam. Dan akhirnya, istri dari H Hamim itu dinyatakan lolos menjadi anggota DPRD Jawa Barat. Dari jatah dua kursi PKB, Yuningsih berhasil meraih salahsatunya. Ia bersama politisi senior yang juga Sekretaris DPW PKB Jawa Barat, HM Sidkon Djampi lolos ke kursi legislatif Jawa Barat.

Ia memperoleh 44.981 suara dari tiga kabupaten/kota di daerah pemilihan (dapil) XII Jawa Barat yakni Kabupaten/Kota Cirebon dan Indramayu. Di Kabupaten Cirebon, ibu dari dua anak ini mendapatkan suara terbanyak di antara 12 calon legislatif (caleg) PKB.

Kepada Cirebonplus.com Yuningsih menceritakan, banyak keinginan dan aspirasi dari masyarakat di dapil XII saat berkampaye. Mulai dari kalangan ibu-ibu Muslimat dan Fatayat NU, tokoh pesantren, para ulama, kalangan santri, kelompok milenial, kelompok profesi, komunitas hobi, dan berbagai elemen lainnya.

Ia merasakan warga sangat antusias setiap kali blusukan. Masyarakat sangat terbuka. Kondisi ini membuatnya makin semangat untuk berdiskusi dan mengajak untuk sama-sama bergerak mewujudkan cita-cita bersama.

“Kami beserta keluarga besar mengucapkan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat, terutama di dapil Jabar XII. Lebih utama lagi masyarakat timur Kabupaten Cirebon yang membantu menjadi tim sukses (timses) dan relawan dalam memperjuangkan kami menjadi anggota DPRD Propinsi Jawa barat,” tutur perempuan supel ini dengan gaya bicara yang khas.

Atas amanah yang diberikan, Yuningsih makin terpacu untuk terus memperjuangkan kepentingan masyarakat setelah nanti dinyatakan secara sah oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan dilantik menjadi wakil rakyat provinsi.

Insya Allah kami akan amanah dalam menjalankan tugas kami sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dalam meyerap aspirasi. Kami akan memberikan dana aspirasi kepada masyarakat di dapil XII Jabar,” lanjut dia.

Dikatakan, perjuangannya selama tujuh bulan bersama-sama dengan keluarga dan timses dalam meraih suara banyak rintangan dan cobaan. Ia pun memohon doa agar bisa menjalankan amanah dan membantu masyarakat kecil lewat perjuangan di DPRD Jabar.

“Doakan saja kami bisa amanah dan dapat menolong dan memperjuangkan kepentingan wong cilik. Sehingga masyarakat bisa sejahtera,” ujarnya.

Sementara itu, adik kandung Yuningsih yang selalu men-support penuh kiprahnya di dunia politik, Hj Muslihah menambahkan, keinginan keluarga tetap pada prinsip bahwa Hj Yuningsih bisa bekerja untuk masyarakat dan selalu memperjuangkan masyarakat atau wong cilik. Sehingga, bisa mengangkat kehidupan masyarakat, khususnya wilayah timur Cirebon.

“Kami berjuang bersama-sama dengan keluarga dan timses selama tujuh bulan untuk bisa meraih suara di dapil Jabar XII. Perjuangan kami tidak sia-sia setelah rekap pleno KPU dinyatakan Hj Yuningsih mendapatkan suara  sebanyak 44. 981 suara,” sambungnya.

Atas nama keluarga, ia berpesan agar kakaknya kelak bila sudah dilantik menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Barat bisa amanah dan istiqomah dalam memperjuangakan masyarakat dengan memberikan  dana spirasi kepada masyarakat pemilih di dapil Jabar XII. Banyak aspirasi masyarakat, termasuk WTC yang belum terakomodir oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon, sehingga menjadi tantangan tersendiri untuk diperjuangkan di tingkat Jawa Barat.

“Mudah-mudahan setelah dilantik menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj Yuningsih bisa mengemban tugas mulia dan dapat membantu masyarakat di dapil jabar XII, sehinga kemajuan  dan kesejahteraan bisa terangkat di sisi ekonomi,” pungkasnya. (Dewo)

Related posts