kuping kiri

KH Hasyim Muzadi Wafat, Warga Media Sosial Sempat Mengira Berita Hoax

KH Hasyim Muzadi Wafat, Warga Media Sosial Sempat Mengira Berita Hoax

JAKARTA (Ci+) – Indonesia berduka. Tokoh Islam berpengaruh, KH Hasyim Muzadi wafat hari ini, Kamis (16/3). Kabar duka terkonfirmasi terkonfirmasi dari sejumlah status di akun media sosial sejumlah tokoh.

Di akun Twitter KH Mustofa Bisri (Gus Mus) yang ditulis pada pukul 06.44 misalnya, menulis kalimat duka. “Inna lillahi wainna ilaihi raj’un. Kita kehilangan lagi seorang tokoh, mantan Ketum PBNU KH Hasyim Muzadi. Semoga husnul khotimah,” kata Gus Mus dalam cuitannya.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga mengabarkan info yang sama dalam akun Twitter-nya. “Telah wafat KH Hasyim Muzadi pagi ini. Mari doakan almarhum diampuni kesalahannya, diterima amal baiknya, berada di sisi-Nya. Al Faatihah,” kata dia.

Di sejumlah grup media sosial warga Nahdlatul Ulama (NU) seperti Facebook, Twitter, Whatsapp, dan lainyha, banyak yang menanggapi sinis kabar tersebut. Mereka mengira sebagai kabar palsu atau hoax. Pasalnya, tidak sekali berita hoax meninggalnya KH Hasyim Muzadi beredar luas di media sosial.

Siapakah KH Hasyim Muzadi? Mengambil dari website Wikipedia, ulama asal Jawa Timur ini lahir dengan nama Ahmad Hasyim Muzadi. Ia lahir di Tuban, Jawa Timur, 8 Agustus 1944.

Beliau dikenal sebagai seorang tokoh Islam Indonesia dan mantan ketua umum (ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Ia juga menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden Joko Widodo sejak 19 Januari 2015.

KH Hasyim Mizadi pernah menjadi pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam Malang, Jawa Timur. Ia juga merupakan alumni Pondok Pesantren Modern Darussalam gontor sekitar tahun 1956-1962.

Kiai Hasyim juga pernah maju sebagai calon wakil presiden bersama Megawati Soekarnoputri dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) Indonesia tahun 2004. Pasangan Megawati-Muzadi mendapatkan 26.2 persen suara di putaran pertama, tetapi di putaran kedu kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla. (*)

Laporan: Redaksi

 

Related posts