kuping kiri

Kirab Budaya Meriah, Cirebon Tegaskan Berdiri di Atas Jatidiri Budaya Sendiri

Kirab Budaya Meriah, Cirebon Tegaskan Berdiri di Atas Jatidiri Budaya Sendiri

Cirebonplus.com (C+) – Salahsatu kegiatan besar yang menjadi rangkauan peringatan Hari Jadi (Harjad) Ke-537 Kabupaten Cirebon adalah Kirab Budaya yang digelar Sabtu (30/3). Kirab Budaya mengambil start dari depan Makodim 0620 dan finish di GOR Ranggajati Sumber.

Kirab ditandai dengan pawai puluhan seni dan budaya khas berbagai kecamatan di Kabupaten Cirebon. Kegiatan dibuka Penjabat (Pj) Bupati Cirebon, Dicky Saromi.

Usai melepas kirab, Dicky mengatakan, diselenggarakannya Kirab Budaya dalam peringatan hari jadi termasuk cita-cita para pendiri Cirebon, yakni berdiri di atas jatidiri dan budaya sendiri.

“Jadi apa yang kita lakukan saat ini tiada lain juga untuk meneruskan cita-cita pendahulu kita, bahwa budaya yang ditampilkan hari ini tiada lain untuk menunjukan bahwa masyarakat Kabupaten Cirebon berdiri di atas jatidiri sendiri dan budaya. Inilah yang mampu mengikat kita untuk selalu bersatu bersama dan bersemangat memajukan pembangunan,” paparnya.

Karena itu, sambungnya, sangat relevan bila Kirab Budaya tersebut diberi tema Budaya Cirebon Tak Pernah Sirna. “Itulah satu tekad Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk terus melestarikan budaya,” kata dia.

Sementara itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Yoseph Umar Hadi sangat mengapresiasi pelaksanaan Kirab Budaya menyambut Hari Jadi Kabupaten Cirebon. Secara pribadi dan lembaga DPR RI pihaknya mengucapkan selamat atas suksesnya kirab dan selamat Hari Jadi Kabupaten Cirebon.

“Kami melihat, mengawal dan mengikuti kemajuannya sangat besar dan luar biasa. Bahkan saya kira tidak saja di bidang pertanian dan perikanan, tapi sangat lengkap juga budayanya,” ujarnya.

Pantauan Cirebonplus.com, ribuan masyarakat sangat antusias melihat langsung penampilan budaya dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon. Mereka mengabadikan momen tersebut dengan berswafoto bersama keluarga. (Muhamad Surya)

Related posts