kuping kiri

KPU juga Buka Opsi 7 Dapil dengan Perubahan Komposisi Kecamatan

KPU juga Buka Opsi 7 Dapil dengan Perubahan Komposisi Kecamatan

Cirebonplus.com (C+) – Dalam Rapat Kerja Penataan daerah pemilihan (dapil) pemilu 2019 anggota DPRD Kabupaten Cirebon serta Simulasi Perhitungan Alokasi Kursi di Hotel Apita Jumat (29/12), Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga membuka opsi tetap pada tujuh dapil dengan perubahan. Akan ada pergeseran-pergeseran formasi kecamatan antara dapil satu dengan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, komisioner KPU Kabupaten Cirebon merasionalisasikan, pergeseran-pergeseran kecamatan selain dilihat dari aspek kedekatan geografis, kuantitas hak pilih, dan juga formasi kursi.

Komposisinya, untuk dapil I meliputi Kecamatan Kapetakan, Suranenggala, Tengahtani, Gunungjati, Kedawung, dan Panguragan. Total yang diperebutkan sebanyak 7 kursi dari jumlah hak pilih sebanyak 310.389 orang.

Dapil II meliputi Kecamatan Gegesik, Kaliwedi, Arjawinangun, Susukan, Ciwaringin. Jumlah kursi yang diperebutkan 7 dari keseluruhan hak pilih 270.354.

Untuk dapil III antara lain Kecamatan Gempol, Palimanan, Depok, Jamblang, Klangenan, dan Dukupuntang. Hak pilih sementara di kisaran 312.086 yang memperebutkan 7 kursi.

Berikutnya untuk dapil IV ada jatah 8 kursi dari total jumlah hak pilih sebanyak 344.022 orang. Kuota kursi terbanyak dari semua dapil itu hanya mencakup lima kecamatan antara lain Sumber, Plumbon, Weru, Plered, dan Talun.

Untuk dapil V memperebutkan 7 kursi dari total penduduk yang memiliki hak pilih sebanyak 286.006 orang. Sedangkan untuk formasi kecamatannya meliputi Mundu, Astanajapura, Beber, Lemahabang, Greged.

Dapil VI, total hak pilih sebanyak 296.567 orang yang tersebar di delapan kecamatan yakni Sedong, Susukanlebak, Karangsembung, Karangwareng, Waled, Pabuaran, Pasaleman, Ciledug. Total kursi yang diperebutkan sebanyak 7.

Di dapil VII tidak ada perubahan formasi kecamatan yakni meliputi Pangenan, Gebang, Losari, Babakan, dan Pabedilan. Jumlah kursi yang disediakan ada 7 dari jumlah hak pilih sebanyak 279.665 orang.

Untuk diketahui, hari ini KPU Kabupaten Cirebon mengundang seluruh stakeholders di Convention Hall Apita Hotel. Kegiatannya, sosialisasi penataan daerah pemilihan (dapil) untuk Pileg 2019.

Pantauan cirebonplus.com, sejumlah perwakilan berbagai elemen hadir antara lain utusan organisasi masyarakat (ormas), partai politik, dan instansi pemerintah, plus Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Sementara itu, seluruh personel komisioner KPU full team.

Dalam paparannya, KPU Kabupaten Cirebon membuat tiga skema penentuan dapil untuk Pileg 2019. Skema pertama tidak ada perubahan, tujuh dapil atau sama seperti saat Pileg 2014.

“Skema yang kedua, ada penambahan daerah pemilihan menjadi delapan. Sedangkan skema ketiga tetap tujuh dapil, tetapi ada rolling untuk komposisi kecamatan setiap dapilnya,” papar Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Saefudin Jazuli MSI.

Menurut Asep, forum sosialisasi tersebut dimanfaatkan untuk sharing informasi dan menyerap aspirasi dari berbagai pihak. Masukan-masukan tersebut akan menjadi pertimbangan dalam pembahasan finalisasi format dapil.

Rencananya, kata dia, finalisasi pilihan skema dapil akan dirapatkan di internal KPU tanggal 12 Januari. Hasil keputusannya akan diajukan ke KPU pusat untuk ditindaklanjuti.

“Dari KPU pusat nantinya akan dibawa dalam forum hearing dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI). Setelah itu baru ditetapkan untuk dijadikan pegangan bagi KPU daerah,” ujar pria yang dikenal kalem ini. (*)

Laporan: Iklima

Related posts