kuping kiri

Lahan 1.000 Ha Dibebaskan, Bupati Optimis Pembangunan Aerocity Bisa Dimulai Desember

Lahan 1.000 Ha Dibebaskan, Bupati Optimis Pembangunan Aerocity Bisa Dimulai Desember

Cirebonplus.com (C+) – Pengembangan aerocity menjadi “jualan” bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka untuk menghidupkan kawasan sekitar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Karena itu, pasca dilantik di Gedung Sate, Bupati Majalengka, H Karna Sobahi langsung membeberkan langkahnya terkait aerocity.

Karna mengatakan, sejauh ini Pemkab Majalengka sudah mengeluarkan izin prinsip yang diperuntukkan bagi lahan aerocity seluas 1.000 hektare (ha) dari 3.500 hektare yang direncanakan akan dibangun PT BIJB bersama mitra bisnis. Lahan tersebut guna mengawali pembangunan apartemen dan hotel khusus haji.

“Izin prinsip 1.000 hektare dulu, sudah clear. Sebagian belum dibebaskan, tapi yang sudah fix itu baru 1.000 hektare,” tukas dia.

Menurut Karna, izin itu ditujukan dalam rangka memuluskan pembangunan yang segera diluncurkan oleh PT BIJB pada Desember mendatang. Meski belum seluruhnya dibebaskan, Karna memastikan akan terus mempersiapkan pemberian izin untuk keseluruhan lahan 3.500 hektare sesuai kebutuhan aerocity.

“Sementara 1.000 hektare, karena kita butuh untuk haji. Kita mengejar asrama haji,” ujarnya.

Karna merinci, selain aerocity, kebutuhan fasilitas penunjang Bandara Kertajati juga masih membutuhkan banyak investor. Menurutnya, sampai saat ini belum ada hotel, restoran besar dan rumah sakit yang mumpuni sebagai bagian penting bandara.

“Kita ingin menghadirkan investor untuk bersama-sama membangun percepatan BIJB dan aerocity,” tuturnya.

Pihaknya juga akan menopang kemudahan investasi masuk ke kawasan aerocity dengan menjamin kecepatan pemberian izin. Menurutnya, seluruh organisasi perangkat dinas (OPD) di Pemkab Majalengka sudah siap menjalankan prosedur tersebut.

“Banyak kepentingan Jabar ada di Majalengka terkait keberadaan bandara dan aerocity. Ini sangat luar biasa tuntutan dan kompetisi,” ujarnya. (Pun)

Related posts