kuping kiri

Lumayan, Tahun Ini Kabupaten Cirebon Dapat Bantuan 183 PJU LED dari Kementerian ESDM

Lumayan, Tahun Ini Kabupaten Cirebon Dapat Bantuan 183 PJU LED dari Kementerian ESDM

Cirebonplus.Com (Ci+) – Tahun ini, Kabupaten Cirebon mendapatkan hibah 183 lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) berjenis LED dari Kementerian ESDM RI. Bantuan itu sangat membantu penerangan sejumlah ruas jalan di Kabupaten Cirebon yang selama ini masih kekurangan lampu PJU.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon, Abraham Mohamad mengatakan, PJU LED dari Kementerian ESDM RI itu akan dipasang di titik-titik yang paling prioritas. “Alhamdulillah Kabupaten Cirebon di 2017 ini akan menerima bantuan retrovit LED sebanyak 183,” ujar Abraham kepada cirebonplus.com, Jumat (21/4).

Menurutnya, bantuan PJU LED sangatlah membantu dalam menyukseskan program Cirebon Terang yang dirancang oleh Pemkab Cirebon. Apalagi ini jumlahnya cukup banyak ada sekitar 183, yang bila ditotal senilai Rp 1 miliar.

Sebanyak 183 PJU LED ini akan ditempatkan di titik yang rawan kriminalitas. Juga di titik-titik khusus seperti kawasan perbatasan antar daerah dan kawasan strategis seperti kompleks pemakaman Sunan Gunung Jati.

Lokasi lainnya yang akan dipertimbangkan adalah tempat pendidikan seperti SD, SMP, SMA, dan lokasi pelayanan masyarakat yang masih belum terpasang PJU. Dengan menggunakan lampu LED, maka akan menekan biaya listrik hingga 50 persen.

“Kalau menggunakan lampu LED ini kan bisa berhemat, sehingga anggaran yang dialokasikan untuk biaya listrik PJU tentunya akan berkurang. Karena LED ini sangat hemat bisa 50 persen dibandingkan lampu biasa,” katanya.

Meskipun mendapatkan bantuan PJU sebanyak 183, sebenarnya untuk Kabupaten Cirebon masih kekurangan banyak. Namun paling tidak dengan bantuan itu dapat meringankan beban anggaran daerah. (*)

Laporan: DK Priyansa

Related posts