kuping kiri

Luthfi Dukung Gagasan Penyatuan Bakal Calon Bupati Cirebon Non Petahana

Luthfi Dukung Gagasan Penyatuan Bakal Calon Bupati Cirebon Non Petahana

SUMBER (Ci-) – Satu per satu sejumlah tokoh Kabupaten Cirebon yang ramai disebut-sebut bakal maju pilkada, merespons positif gagasan menyatukan bakal calon bupati (bacabup) non petahana. Setelah sebelumnya politisi PKS, H Satori menyatakan kesiapan, Sabtu (28/1) giliran H Mohammad Luthfi yang menyatakan dukungannya.

Kepada cirebonplus.com, ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengaku mendukung gagasan penyatuan bacabup non petahana untuk menyepakati satu paket calon bupati dan wakil bupati. Meskipun demikian, masih jauh untuk masuk ke langkah-langka seperti itu.

“Saya mendukung kang. Tetapi, PKB belum memutuskan apakah akan mendorong Kang Luthfi untuk maju di Pilkada 2018 atau tidak,” kata Luthfi.

Lantaran PKB belum memutuskan pencalonan, Luthfi pun merasa belum menyandang status bacabup. Pemilihan Bupati (Pilbup) Cirebon pun dianggap masih jauh, sehingga dinamika politik yang terjadi masih sangat cair.

“Kalau yang beredar di media sosial, hanya kreativitas teman-teman saja. Masih jauh. Semuanya bisa berubah ,” tambah dia.

Meskipun demikian, kalau ada pihak-pihak yang mengundang untuk tujuan di atas, Luthfi menyatakan kesiapannya untuk datang. “Diundang yo wajib hadir kang,” pungkas mantan calon bupati Cirebon di Pilbup 2013 itu.

Sebelumnya, salahsatu bacabup Cirebon, H Satori menilai gagasan tersebut sangat bagus. Ia menyatakan kesiapannya duduk bareng bacabup untuk menentukan satu paket calon. Bahkan ia dengan tegas mengatakan siap menerima keputusan bersama, meskipun tidak ada nama dirinya sebagai cabup maupun cawabup.

Syaratnya, tambah Satori, keputusan diambil secara objektif berdasarkan penilaian atas variabel-variabel yang menentukan kemenangan. Di antaranya adalah potensi keterpilihan, penguasaan terhadap pemerintahan. kesiapan logistik, serta lainnya yang merujuk pada elektabilitas dan kualitas.

“Tapi itu mustahil kalau masing-masing hanya ego bukan niat tulus,” kata politisi yang terpilih dalam pemilu awal PKS Kabupaten Cirebon dan masuk tiga nama yang diajukan ke DPW PKS Jawa Barat. (*)

Laporan: Mahrus Ali

Related posts