kuping kiri

Massa Ontrog Kantor PGTC, Pantura Cirebon-Indramayu Lumpuh Setengah Jam

Massa Ontrog Kantor PGTC, Pantura Cirebon-Indramayu Lumpuh Setengah Jam

Cirebonplus.com (C+) – Di luar dugaan, massa yang mengikuti unjuk rasa penolakan pembangunan Pusat Grosir Tegalgubug Cirebpn (PGTC) lebih banyak dari estimasi awal. Bila sebelumnya Paguyuban Pedagang Pasar Sandang Tegalgubug (P3ST) dan Forum Mahasiswa Suropati (Formasi) memperkirakan 3.000 massa, faktanya hampir dua kali lipat.

Hal itu dibenarkan tokoh masyarakat Tegalgubug, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, KH Zamroni Irfan. Kang Zam, sapaan akrabnya, memperkirakan massa yang mengikuti unjuk rasa lebih dari 5.000 orang.

“Saya yakin hampir dua kali lipat. Lihat saja saat berhenti di depan kantor pemasaran PGTC, sebelum ke kantor bupati, massa menutupi jalan baik dari arah Indramayu ke Cirebon maupun sebaliknya. Tumpah ruah di jalan raya,” ujar pria yang juga ketua Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Arjawinangun itu.

Pantauan cirebonplus.com, Senin pagi sekitar 09.15 (2/10) massa yang bergerak dari balai Desa Tegalgubug berhenti di kantor pemasaran PGTC yang berada persis di samping jalan by pass pantura Cirebon-Indramayu. Mengendarai motor dan mobil, mereka lalu berkumpul di depan kantor PGTC.

Saking banyaknya massa, tumpukan orang hingga luber hingga menutupi semua jalur jalan by pass. Tak ayal, kemacetan pun tak terelakkan. Bahkan, polisi yang mengawal mereka pun kewalan saat berusaha mengurai massa guna memberi jalan bagi kendaraan yang melintas.

Seperti tahu akan digerudug pengunjuk rasa, tak tampak perwakilan karyawan di kantor pemasaran PGTC. Meski demikian, pengunjuk rasa tetap melakukan orasi menyuarakan penolakan pembangunan PGTC yang hanya berjarak beberapa meter dari Pasar Induk Sandang Tegalgubug.

Konsentrasi massa hanya berlangsung sekitar 30 menit. Atas komando koordinator lapangan (korlap), massa pun bergerak menuju sasaran utama demo, yaitu kantor bupati Cirebon di Sumber. (*)

Laporan: Mahbullah

Related posts