kuping kiri

Menteri Pertanian: Perintah Presiden Harga Gabah Tak Boleh di Bawah Rp4.070/Kg

Menteri Pertanian: Perintah Presiden Harga Gabah Tak Boleh di Bawah Rp4.070/Kg

Cirebonplus.com (C+) – Para petani di Kabupaten Cirebon mengeluhkan murahnya harga gabah yang kini berada di kisaran Rp3.400 hingga Rp3.500/kg. Saat berkunjung ke Kabupaten Cirebon, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman pun menanggapi murahnya harga gabah.

Mentan Andi Amran hadir dalam acara Apresiasi dan Sinkronisasi Program Kementerian Pertanian 2019 di Lapangan Ranggajati Sumber, Kamis (28/3). Menurutnya, harga gabah tidak boleh berada di bawah harga yang telah ditentukan pemerintah yaitu Rp4.070/kg.

“Harga gabah tidak boleh dibeli di bawah Rp4.070, itu perintah presiden. Itu sudah instruksi presiden, nanti akan diatur oleh Bulog,” ujarnya.

Amran menambahkan, menurunnya harga gabah saat ini lantaran produksi gabah para petani sedang meningkat, mengingat saat ini sedang memasuki musim panen. “Produksi gabah sedang meningkat dan memasuki musim panen,” sambungnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Lebakmekar, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, Alek Setiawan mengatakan, dengan kedatangan Menteri Pertanian diharapkan bisa menjadi jalan untuk menyejahterakan petani.

Terkait harga gabah, Alek berharap jangan terlalu murah, pasalnya para petani akan menjerit. “Seharusnya harga gabah jangan terlalu murah, karena itu akan merugikan para petani,” tandasnya.

Pada kunjungannya ke Kabupaten Cirebon, Menteri Amran memberikan bantuan kepada para petani dan keluarga miskin, berupa ternak kambing, ternak ayam, bibit tanaman, dan traktor. (Muhamad Surya/C+)

Related posts