kuping kiri

Minat Jadi Pengawas Pilkada Tingkat Desa? Datang Saja ke Sekretariat Panwascam Weru

Minat Jadi Pengawas Pilkada Tingkat Desa? Datang Saja ke Sekretariat Panwascam Weru

Cirebonplus.com (C+) – Panitia Pengwas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Cirebon melalui Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Weru, juga membuka pendaftaran Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) secara terbuka. Tenaga pengawasan tingkat desa itu untuk mengawal jalannya Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa barat dan Pemilihan Bupati (Pilbup) Cirebon yang digelar secara serentak.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Recruitment PPL Kecamatan Weru, Azwar Anas SPdI mengatakan, di kecamatannya total ada sembilan desa. Artinya, PPL yang akan direkrut masing-masing desa satu orang.

Tetapi, sambungnya, pihaknya membuka seluas-luasnya kepada putra-putri terbaik di Kecamatan Weru untuk ikut berpartisipasi dalam mengawasi jalannya pesta demokrasi memilih pemimpin tingkat daerah. Harapannya, akan didapat pemimpin yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah.

“Kami buka seluas-luasnya dan sebanyak-banyaknya pendaftar. Pendaftaran akan dibuka sejak tanggal 2 hingga 8 Januari 2018, bagi yang berminat silakan mendaftar,” kata Anas kepada cirebonplus.com, Minggu (31/12).

Pihaknya telah menyosialisasikan pengumuman pendaftaran di semua desa. Karena itu, tidak ada yang ditutup-tutupi, termasuk komitmennya untuk tidak memungut biaya bagi para pendaftar.

Untuk tugas PPL, lanjut dia, antara lain mengawasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara berbasis TPS yang ada di desanya. Termasuk melakukan pengawasan terhadap rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Untuk syarat usia minimal 25 tahun yang dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sedangkan untuk syarat pendidikan, minimal lulusan SMA atau sederajat,” ujarnya seraya mengatakan, bagi yang berminat dating saja ke sekretariat Panwascam Weru Jalan Fatahillah Kapling Gang Jambu, Desa Setu Kulon, Kecamatan Weru. (*)

Laporan: Iklima

Related posts