kuping kiri

Ngotot Ada Perda Disabilitas, Yuningsih: Mereka Punya Hak Bekerja, Termasuk di Pemkab

Ngotot Ada Perda Disabilitas, Yuningsih: Mereka Punya Hak Bekerja, Termasuk di Pemkab

Cirebonplus.com (C+) – DPRD Kabupaten Cirebon tak mau terganggu dengan perhelatan Pemilihan Bupati (Pilbup) Cirebon. Legislatif akan tetap bekerja sesuai dengan target dan perencanaan yang telah ditetapkan.

Di antara yang akan jadi fokus kinerja adalah pembuatan sejumlah peraturan daerah (perda) yang dibutuhkan masyarakat, salahsatunya adalah Perda tentang Hak Disabilitas. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Hj Yuningsih MM kepada cirebonplus.com.

Menurutnya, sebagian masyarakat Kabupaten Cirebon adalah penyandang disabilitas. Sebagai warga negara mereka juga memiliki hak-hak yang harus dipenuhi.

Ia menjelaskan, tujuan dan semangat perda ini adalah untuk pemerataan hak masyarakat. Sejauh ini pemerintah belum atau masih kurang perhatian terhadap penyandang disabilitas.

“Karena itu dibutuhkan perda khusus. Undang-Undang tentang Hak Disabilitas sudah ada, maka harus dikembangkan dan diadopsi oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon,” kata anggota dewan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Yuningsih tidak menginginkan penyandang disabilitas termarjinalkan. Mereka harus diakomodir agar bisa bekerja di berbagai perusahaan, mendapatkan pendidikan yang layak, dan hak lainnya termasuk menjadi pegawai di Pemkab Cirebon.

Targetnya tahun 2018 Raperda Hak Disabilitas bisa disahkan. Ia berharap semua pihak bisa mendukung.

“Walaupun mereka cacat secara fisik, tetapi sebagian mereka juga bisa bekerja karena kecerdasan dan kemampuan yang memadai di bidang masing-masing. Kami akan terus berikhtiar mengesahkan raperda ini agar penyandang disabilitas bisa dipenuhi hak-haknya,” tutup Yuningsih. (*)

Laporan: Ameliyatun

Related posts