kuping kiri

Ngunjung Buyut Nyi Ajeng Semarak, Pemdes Danawinangun dan Warga Galang Swadaya

Ngunjung Buyut Nyi Ajeng Semarak, Pemdes Danawinangun dan Warga Galang Swadaya

Cirebonplus.com (C+) – Dalam Rangka Ngunjung Buyut Nyi Ajeng di Blok Kajengan, masyarakat Desa Danawinangun, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon menggelar arak-arakan. Pejabat Sementara (Pjs) Kuwu Desa Danawinangun memimpin langsung arak-arakan yang didampingi jajarannya, Babinkkamtibmas dan Babinsa, serta berbagai elemen masyarakat.

Ngunjung Buyut ini rangkaiannya digelar sejak 25 hingga 29 Agustus. Sejumlah acara hiburan antara lain pementasan Wayang Kulit dan ditutup pengajian.

Maman Sukarman mewakili panitia menjelaskan, acara tradisi ini sudah digelar secara turun  temurun dan sudah berlangsung sejak pra pendahulu. Ia berharap ke depan tradisi ini akan terus dijaga oleh generasi penerus agar adat istiadat itu bisa dikenang masyarakat kita.

“Kegiatan ini selain ajang silaturahmi juga sebagai penghormatan terhadap perjuangan Buyut Nyi Ajeng di masa lalu. Juga untuk mengingatkan bahwa ada asal usul dari orang terdahulu, sehingga kita bisa untuk mengenang  jasa-jasanya secara turun temurun,” paparnya.

Dikatakan, di antara peninggalan Buyut Nyi Ajeng adalah masjid keramat yang sekarang sedang dipugar. Ada juga petilasan.

“Harapannya tentu tidak mungkin melupakan sejarah  bahwa kita itu dilahirkan dari nenek moyang terdahulu, sehingga patut ditanamkan pada generasi penerus untuk mengenang bahwa kita adalah anak cucu Buyut Nyi Ajeng,” lanjut dia.

Untuk anggaran penyelenggaraannya berasal dari swadaya masyarakat, terutama warga di Blok Kajengan yang hampir setiap rumah berkontribusi.

Pemerintah Desa Danawinangun juga ikut berperan yang setiap tahunnya dialokasikan anggaran melalui pemberdayaan adat istiadat. Pemerintah desa juga ikut andil, termasuk berkoordinasi dengan aparat keamanan dan ketertiban.

“Harapannya bisa menjadikan tolok ukur dan sejarah yang berkelanjutan. Semua pihak juga harus terus mendukung Ngunjung Buyut Nyi Ajeng ini agar makin semarak ke depannya. (Rohana)

Related posts