kuping kiri

NU Gebang Buka Rangkaian HSN, Semua Banom Dilibatkan

NU Gebang Buka Rangkaian HSN, Semua Banom Dilibatkan

Cirebonplus.com (C+) – Majelis wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Kecamatan Gebang membuka rangkaian kegiatan Hari Santri Nahsional (HSN) 2018 tingkat kecamatan, Ahad (9/9). Kegiatan berlangsung di Masjid Nurul Ain Desa Kalipasung, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon.

Kegiatan diawai dengan agenda rutin bulanan Yaumul Ijtima MWC NU Kecamatan Gebang yang ke-104.  Acara dihadiri pengurus MWC, badan otonom (banom) tingkat kecamatan, dan para kiai NU.

Ketua Pelaksana HSN 2018 Kecamatan Gebang, Edy Syamsuri mengatakan, peringatan HSN tingkat Kecamatan Gebang akan diadakan oleh banom-banom NU. Dibuka dengan Yaumul Ijtima 104, MKNU, Makesta, Bazar, donor darah, serta kirab pelajar dan santri.

Menurutnya, kegiatan kali ini tidak dipusatkan di halaman kantor Kecamatan Gebang seperti tahun-tahun sebelumnya. “Peringatan Hari Santri Nasional tingkat Kecamatan Gebang kali ini kami pusatkan di Desa Kalipasung,” ujar Edi.

Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Gebang, KH Imam Supardi mengatakan, kegiatan HSN sudah menjadi kegiatan rutin tahunan keluarga besar NU di Kecamatan Gebang. Sejak penetapan HSN oleh Presiden Jokowi, sudah dua tahun berturut-turut digelar di Gebang.

Imam berharap kegiatan HSN ini bisa dilaksanakan tiap tahunya. “Tiap tahunnya harus ada dan harus lebih meriah,” kata Imam.

Sementara itu, Rois Syuriah MWC NU Kecamatan Gebang, KH Muhdi Miftah menambahkan, hari santri menjadi kebanggaan sendiri bagi para santri. Pasalnya, santri di masa lalu pernah menjadi bagian dari pejuang yang merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah.

“Peringatan ini menjadi kebanggaan bagi para santri, karena pernah ikut berjuang dalam kemerdekaan bangsa,” tambah dia. (*)

Laporan: Kustano A

Related posts