kuping kiri

Pakar Teknologi Informasi Kumpul di Cirebon Bahas Pengamanan Data Cyber

Pakar Teknologi Informasi Kumpul di Cirebon Bahas Pengamanan Data Cyber

Cirebonplus.com (C+) – Kegiatan Indonesia It Security Conference (Idsecconf) 2019 dibuka di kampus STMIK CIC Kota Cirebon, Sabtu (16/3). Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 150 orang yang berasal daari praktisi, akademisi, pakar teknologi informasi tingkat nasional, mahasiswa setempat.

Kegiatan ini memberikan pencerahan kepada pelajar, mahasiswa, maupun kalangan IT security professional khususnya mengenai berbagai isu-isu keamanan teknologi informasi yang paling baru. Kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi kontribusi Kota Cirebon terhadap peningkatan dan perkembangan teknologi, serta keamanan keamanan data secara nasional.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon, Iing Daiman SIP MSi dalam kegiatan tersebut. Pihaknya bangga Kota Cirebon menjadi lokasi berkumpulnya para praktisi, akademisi dan para ahli IT dalam kegiatan Idsecconf.

“Ini kali kedua kegiatan Idsecconf dilaksanakan di Kota Cirebon. Harapannya tentu Kota Cirebon menjadi bagian peningkatan perkembangan teknologi termasuk kesiapan dalam penanganan keamanan data,” ujar Iing Daiman seperti dilansir situs Pemkot Cirebon.

Menurut Iing, dalam upaya mewujudkan kabupaten dan kota yang cerdas menerapkan sistem informasi atau aplikasi. Dengan penerapan aplikasi berbasis online memang dapat mempermudah untuk berkomunikasi dan layanan yang baik.

“Tetapi terkadang kita tidak sadar bahwa dengan penerapan aplikasi berbasis online memunculkan persoalan baru yaitu persoalan keamanan informasi atau data itu sendiri. Untuk itu saya berharap melalui kegiatan ini dapat membuka wawasan kita semua, keamanan informasi wajib menjadi pilar yang sangat penting dalam pembangunan smart city,” papar Iing.

Salahsatu anggota Komite Idsecconf, Abeng mengatakan, Kota Cirebon mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah dalam seleksi yang ketat. Pihaknya banyak melihat perkembangan Kota Cirebon yang terus bergeliat termasuk mengembangkan IT melalui program smart city.

“Kami akhirnya berkumpul bersama akademisi dan praktisi mengadakan riset dan bertukar pengalaman terkait perkembangan IT khususnya keamanan data informasi,” ujar Abeng.

Sementara itu, Ketua STMIK CIC Kota Cirebon, Dr Chandra Lukita SE MM mengatakan, pihaknya merasa gembira dengan perkembangan Kota Cirebon yang terus meningkatkan kemampuan dunia IT dalam program smart city. Program ini telah mengubah Kota Cirebon menjadi kota yang maju dan tidak gagap teknologi.

“Tentu dengan perkembangan ini juga kita tidak gagap dengan keamanan data. Dengan keamanan program yang dilaksanakan berjalan sukses,” kata dia. (Dewo/C+2)

Related posts