kuping kiri

Para Pekerja BUMDes Kuningan dan Cirebon Akan Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Para Pekerja BUMDes Kuningan dan Cirebon Akan Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Cirebonplus.com (C+) – Sudah selayaknya pekerja di semua sektor mendapatkan jaminan perlindungan sosial ketenagakerjaan. Hal ini dapat membantu para karyawan dan pekerja untuk mempersiapkan masa depan.

Karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan menyambut baik rencana penerapan program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, khususnya bagi seluruh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Kabupaten Kuningan yang digagas oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) wilayah III Jawa Barat.

Hal itu disampaikan Bupati Kuningan, H Acep Purnama daalam acara Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan dan Perisai Terhadap Badan Usaha Milik Desa se-Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Cirebon, di Hotel Grage Kuningan, Rabu (25/9).

Menurut Bupati Acep, dengan jumlah yang tersebar luas dan dengan beragam jenis usaha yang dilakukan, terdapat risiko kerja bagi BUMDes dalam usahanya mendongkrak perekonomian di tingkat desa. Inilah yang mendasari pentingnya jaminan social ketenagakerjaan bagi pengurus BUMDes

“Untuk itu setiap pengurus BUMDes selayaknya mendapat perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang notabene hak mutlak bagi setiap pekerja. Hal itu diamanatkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003,” ujar Bupati Acep seperti dilansir portal Pemkab Kuningan.

Sesuai UU No 24 Tahun 2014 tentang BPJS bahwa BPJS Ketenagakerjaan merupakan transformasi dari PT Jamsostek yang mengurusi proteksi dan jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia. Dengan memasukkan pekerja dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan, maka risiko kerja dialihkan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

“Oleh sebab itu untuk pelaku usaha sektor formal maupun informal diharapkan memberikan jaminan sosial kepada pekerjanya dengan mendaftarkannya ke BPJS ketenagakerjaan,” kata dia. (Rilis)

Laporan: Redaksi C+

Foto: Istimewa Pemkab Kuningan

Related posts