PDIP Buka Pendaftaran Bacabup 20 Mei, Terbuka bagi Internal dan Eksternal Partai

PDIP Buka Pendaftaran Bacabup 20 Mei, Terbuka bagi Internal dan Eksternal Partai

Cirebonplus.com (Ci+) – Sepertinya incumbent tidak secara otomatis akan diusung lagi oleh PDIP. Buktinya, DPC PDIP Kabupaten Cirebon membuka selebar-lebarnya kesempatan bagi kader internal atau tokoh eksternal untuk memperebutkan tiket rekomendasi calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup).

Kapan pendaftarannya dibuka? Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Cirebon, H Mustofa menyampaikan bulan Mei ini pihaknya membuka pendaftaran cabup dan cawabup. “Iya kami akan buka pada tanggal 20 Mei nanti,” tandas Mustofa kepada awak media, Selasa (2/5).

Menurutnya, PDIP merupakan satu-satunya partai yang berhak mencalonkan satu paket pasangan cabup-cawabup. Oleh karena itu, Mustofa menegaskan bahwa PDIP pada Pemilihan Bupati (Pilbup) 2018 mendatang tetap akan mengusung satu paket sendiri.

“Kami tidak ingin berafiliasi dengan partai lain. Dengan kata lain kami akan tetap mengedepankan pasangan yang kami pilih dan tokoh yang memang mendaftarkan diri di PDIP,” paparnya.

Bagaimana dengan bakal calon yang sudah mendaftar ke partai lain? Pria yang akrab disapa Jimus itu mengaku akan mempertimbangkan matang-matang bagi peminat yang sudah mendaftarkan diri di partai lain.

Meskipun tidak akan menolak berkas pendaftarannya. Namun. Sebelum penentuan nama yang akan direkomendasikan ke tingkat atas, terlebih dahulu dilakukan verifikasi.

“Dalam tahap itulah, mungkin panitia akan melihat dengan jelas mana tokoh yang sudah mendaftar ke partai lain dan mana yang belum. Jadi ada penilaian tersendiri untuk mereka. Tetapi, sesuai aturan kami tidak akan menolak pendaftaran siapapun,” paparnya.

Hingga saat ini Mustofa mengaku masih buta siapa saja yang akan mendaftar. Ia juga secara pribadi belum punya keputusan bulat untuk maju.

“Nanti saja kita lihat seperti apa kalau pembukaan sudah dimulai. Saya belum bisa melihat dan tidak mau menebak,” pungkasnya. (*)

Laporan: DK Priyansa

Related posts