kuping kiri

Peduli Lingkungan, MWC NU Gebeng Beri Pelatihan Bank Sampah untuk Pemuda dan Ibu-ibu

Peduli Lingkungan, MWC NU Gebeng Beri Pelatihan Bank Sampah untuk Pemuda dan Ibu-ibu

Cirebonplus.com (C+) – Lembaga Penanggulangan Bencana Alam dan Perubahan Iklim (LPBI) Nahdlatul Ulama (NU) Majelis Wakil Cabang (MWC) Kecamatan Gebang merasa terpanggil untuk ikut mencari solusi permasalahan sampah. Terutama di sejumlah desa yang ada di Kecamatan Gebang.

Minggu (7/10), LPBI MWC NU Kecamatan Gebang menggelar pelatihan bank sampah di Madrasah Ibtidaiyyah Nahdlatul Ulama Gebang. Pesertanya terdiri dari para pengurus Karang Taruna, pengurus badan otonom (banom) dan lembaga NU, serta masyarkat di  Kecamatan Gebang.

Ketua Pelaksana HSN 2018, Edy Samsuri mengatakan, tujuan diadakan pelatihan adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pemuda dan ibu-ibu tentang bagaimana mengelola sampah. Sehingga, menjadi solusi terhadap persoalan sampah, khususnya di lingkungan Kecamatan Gebang.

“Semoga bisa mendapatkan solusi mengenai penanganan sampah di wilayah Gebang. Setelah kegiatan ini saya berharap, setelah kegiatan ini menghasilkan kader-kader NU yang peduli lingkungan dan persoalan sampah, yang sampai sekarang masih menjadi perhatian publik pada umumnya,” kata dia.

Di akhir kegiatan, peserta sepakat untuk membentuk Kelompok Peduli Lingkungan (KPL). Terpilih sebagai ketua, Ernawati dari Desa Kalipasung.

“Semoga ke depannya bisa segera bisa menyikapi persoalan sampah. Minimalnya membuat sebuah kegiatan yang berkaitan dengan penyikapan terhadap masalah sampah,” sambung dia.

Kegiatan pelatihan bank sampah merupakan salahsatu kegiatan rangkaian Hari Santri Nasional (HSN) 2018 MWC NU Kecamatan Gebang. Berbagai kegiatan digelar sejumlah lembaga dan banom.

Dikatakan, beberapa rangkaian HSN telah dilaksanakan seperti Yaumul Ijtima’, MKNU, PKD dan pelatihan mengurus janazah Fatayat, serta Makesta IPNU-IPPNU. (*)

Laporan: Abdul Bari

Related posts