kuping kiri

Pemkab Harus Tolak Pembangunan PGTC, Investor Lebih Baik Kembangkan Pasar Gaya

Pemkab Harus Tolak Pembangunan PGTC, Investor Lebih Baik Kembangkan Pasar Gaya

Cirebonplus.com (C+) – Suara penolakan terhadap rencana pembangunan Pusat Grosir Tegalgubug Cirebon (PGTC) juga disampaikan bakal calon bupati (bacabup) independen, Affan Hidayat. Pemuda asal Sumber itu mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon manolak proses perizinan yang diajukan investor.

Menurutnya, dengan komoditi yang sama, PGTC tidak layak berdiri berdekatan dengan Pasar Induk Sandang Tegalgubug. Apalagi PGTC dikhawatirkan membangun pasar modern sejenis mall dengan harga lebih murah dibanding Pasar Tegalgubug.

“Ada aturan pemerintah bahwa pembangunan pasar modern tidak boleh berdekatan dengan pasar tadisional. Mestinya pemerintah meninjau ulang  dan kuwu Tegalgubug juga jangan memberikan izin,” kata Affan kepada cirebonplus.com, Kamis (10/8).

Ia mempertanyakan alasan bupati Cirebon fatwa untuk proses perizinan pembangunan PGTC. Daripada membangun PGTC yang berjarak hanya 300 meter dari pasar tradisional sandang, ia menyarankan agar investor mengembangkan Pasar Gaya Winong yang memang sejak awal diperuntukkan bagi komoditi sandang.

Ia juga memotivasi masyarakat Tegalgubug untuk terus berjuang menolak PGTC. Hal itu demi mempertahankan pasar yang suah ada sejak zaman penjajahan.

“Masyarakat Tegalgubug dan umumnya masyarakat Kecamatan Arjawinangun jangan pernah mundur  dan menyerah dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Semua elemen masyarakat harus bersatu menolak pembangunan PGTC,” tegas dia. (*)

Laporan: Mahbullah

Related posts