kuping kiri

Penghitungan Hasil Pilpres Didahulukan, KPU: PPK hingga KPPS Wajib Kuasai Teknis P2S

Penghitungan Hasil Pilpres Didahulukan, KPU: PPK hingga KPPS Wajib Kuasai Teknis P2S

Cirebonplus.com (C+) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon menggelar bimbingan teknis (bimtek) pemungutan dan penghitungan suara (P2S), serta rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019, Rabu (13/3). Dalam kesempatan itu, KPU Kabupaten Cirebon mengundang Divisi Teknis PPK 40 kecamatan di Kabupaten Cirebon.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Saefuddin Jazuli mengatakan, bimtek sangat penting bagi penyelenggara pemilu di semua tingkatan. Peserta bimtek yang juga diikuti ketua Panita Pemilihan Kecamatan (PPK), setelah mendapatkan bimtek mengenai P2S wajib menginformasikan kembali kepada PPS.

“Bimtek ini memberikan bekal kepada peserta, yang memang diikuti seluruh ketua dan divisi teknis PPK se-Kabupaten Cirebon. Ini soal pengetahuan mereka bersama makanya yang diundang ketua dan divisi teknis, karena yang mengawal itu ketua PPK dan yang harus tahu divisi teknisnya, terutama soal P2S. Nanti mereka juga bertugas memberikan bimtek ke PPS dan KPPS,” ungkapnya.

Dalam bimtek kali ini, PPK wajib menguasai seluruh teknis tahapan pemungutan dan penghitungan suara yang menjadi penentu hasil pemilu. Seperti penghitungan surat suara pun harus tertata dan tak sembarangan menghitung.

“Tidak bisa sembarangan, tidak bisa asal semau PPK atau PPS. Memang harus surat suara pilpres dulu yang dihitung, kemudian DPR RI, DPD, baru DPRD provinsi, serta DPRD kota dan kabupaten,” lanjut Saefuddin.

Selain bimtek soal P2S, KPU juga akan menggelar bimtek lainnya seperti simulasi. Terdekat, kegiatan itu akan diadakan di Losari. (Muhamad Surya/C+3)

Related posts