kuping kiri

Perekrutan PTPS Sudah 91%, Kecamatan Greged Kesulitan Cari SDM Sesuai Syarat Regulasi

Perekrutan PTPS Sudah 91%, Kecamatan Greged Kesulitan Cari SDM Sesuai Syarat Regulasi

Cirebonplus.com (C+) – Untuk melakukan pengawasan saat Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 nanti, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cirebon merekrut 6.000 pengawas untuk semua Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Di lapangan sejumlah Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) mengaku cukup kesulitan untuk merekrut calon PTPS, terutama daerah-daerah pinggiran.

Hal itu diakui Ketua Panwascam Greged, Zaenal Muttaqin. Penyebabnya adalah syarat PTPS terkait usia dan lulusan SMA.

“Untuk perekrutan PTPS terutama di wilayah kami Kecamatan Greged mencari lulusan yang sesuai dengan kriteria undang-undang cukup sulit, karena memang kondisi sumber daya manusia (SDM) di wilayah kami yang pedesaan untuk mencari kriteria umur 25 tahun dan lulusan SMA sangat sulit,” ungkao Zaenal saat dihubungi Cirebonplus.com.

Zaenal mengaku terus berkordinasi dengan Pengawas Desa untuk mencari calon PTPS yang sesuai dengan kriteria. Namun tetap ada kendala.

Sementara itu Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Abdul Khoir mengatakan, selama ini tidak ada kendala yang berarti dalam perekrutan. Dia memperkirakan data yang sudah masuk sudah mencapai 91 persen.

“Enggak ada kendala, kita sedang perekrutan secara optimal. Sepanjang ini presentasinya alhamdulillah sudah 91 persen, artinya optimis dalam waktu terdekat PTPS akan terpenuhi itu semua,” paparnya. (Muhamad Surya/C+)

Related posts