kuping kiri

Perkiraan, Tahapan Pilbup Cirebon Mulai Agustus 2017

Perkiraan, Tahapan Pilbup Cirebon Mulai Agustus 2017

SUMBER (Ci+) – Di Kabupaten Cirebon, 2017 merupakan tahun politik. Pasalnya, sudah dipastikan bahwa tahapan Pemilihan Bupati (Pilbup) 2018 akan dimulai tahun ini.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Cirebon, Marjuki mengatakan, diperkirakan tahapan pilbup akan dimulai pada bulan Agustus 2017. Untuk pemilihan sendiri pada bulan Juni 2018.

Menurutnya, tentang ketentuan teknis tahapannya, saat ini KPUD masih menunggu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dari pusat. “Perkiraan mulai Agustus, tetapi tahapannya menunggu PKPU,” tandas Marjuki kepada cirebonplus.com, Jumat (6/1).

Berdasarkan ketentuan syarat dukungan partai politik untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati, kata dia, hanya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang bisa mengusung sendiri, tanpa harus berkoalisi dengan partai lain. Sebab syarat dukungannya sebesar 20 persen kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“PDIP punya 11 kursi. Karena jumlah kursi DPRD Kabupaten Cirebon 50, berarti PDIP punya modal untuk pencalonan sebesar 22 persen kursi. Bisa mengusung tanpa berkoalisi,” kata dia. (Ci+111)

 

Related posts