kuping kiri

Polres Cirebon Ajak Generasi Milenial Melawan Berita Hoax

Polres Cirebon Ajak Generasi Milenial Melawan Berita Hoax

Cirebonplus.com (C+) – Pemilu tinggal beberapa pekan lagi. Demi membantu terlaksananya Pemilu yang damai Polres Cirebon mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Generasi Milenial yang Anti-Hoax dan Cinta Persatuan demi Terciptanya Kondusivitas Jelang Pileg dan Pilpres 2019 di Wilayah Hukum Polres Cirebon.

Kegiatan diadakan di Hotel Verse, Selasa (5/3). Tujuannya, memberikan pemahaman kepada seluruh generasi milenial untuk bersama-sama mengetahui tentang berita hoaks.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dari berbagai organisasi kemahasiswaan. Selain itu, acara diisi oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon H Mustofa, Rektor Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) Prof Dr Khoerul Wahidin MAg, dan Penjabat Bupati Cirebon yang diwakili Kepala Kasbangpol Kabupaten Cirebon H Zainal Abidin.

Menurut Kapolres Kabupaten Cirebon, AKBP Suhermanto, mahasiswa ataupun generasi milenial harus pandai memilah berita yang bukan kategori hoax dan hoax. Ia juga memaparkaan kategori kampanye hitam, negatif dan kampanye positif.

“Jadi kami dari Polres Cirebon yang berkerja sama dengan Forkopimda serta berbagai mahasiswa, menggelar FGD memberikan pemahaman kepada generasi milenial khususnya mahasiswa yang ada di Kabupaten Cirebon untuk bersama-sama mengetahui apa itu hoax, juga antisipasinya dengan melihat ciri-ciri  berita hoax,” kata Suhermanto.

Peserta FGD yang tergolong dari kalangan mahasiswa, tampaknya terlihat aktif serta saling memberikan pertanyaan kepada narasumber yang mengisi kegiatan FGD tersebut.

Dalam tanya jawab Suhermanto menekankan kepada mahasiswa agar lebih aktif dan cerdas dalam memilih calon pemimpin. Tidak hanya itu, kapolres pun mengajak seluruh elemen masyarakat, seperti tokoh agama, mahasiswa, dan pemuda untuk bersama-sama menciptakan kondusivitas menjelang pemilu.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon, H Mustofa sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Polres Cirebon.  Baginya, kegiatan yang dikemas dalam Forum Group Discussion (FGD) oleh Polres Kabupaten Cirebon sangat baik untuk diikuti generasi milenial dan mahasiswa.

“Saya selaku pimpinan di DPRD Kabupaten Cirebon, sangat mengapresiasi kegiatan FGD yang dilaksanakan oleh Polres Cirebon dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM),” kata Mustofa.

Selain itu, Mustofa menjeskan, selama ini mahasiswa dan kepolisian sulit berkomunikasi. Sehingga melalui FGD, mahasiswa dapat menjalin komunikasi baik dengan polisi. “Hari ini dibuktikan dengan rasa tanggung jawab bersama dalam rangka menghadapi pemilu ini terjadi kebersamaan perasaan bertemu di FGD,” ungkapnya. (Muhamad Surya)

Related posts