kuping kiri

PPP Sodorkan Kader Sendiri, bila Tak Ada Peminang Siapkan Jalur Independen

PPP Sodorkan Kader Sendiri, bila Tak Ada Peminang Siapkan Jalur Independen

CIREBON (Ci+) – Dalam memperkuat soliditas dan kualitas struktur partai, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Jawa Barat roadshow ke daerah-daerah dalam agenda rapat konsolidasi. Minggu (12/3) jajaran pengurus DPW bertemu pengurus DPC sewilayah III Cirebon di Pondok Pesantren (Pontren) Al Muflihin Desa Gebangilir, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon.

Saat pembukaan, selain sejumlah ulama dan tokoh Cirebon, tampak pula sejumlah nama yang masuk bursa bakal calon bupagi. Mereka adalah Ketua DPC PKB H Mohamad Luthfi dan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari PKD H Satori. Tampak pula sejumlah undangan dari partai lain.

Sekretaris DPW PPP Jawa Barat, Agus Daryanto menjelaskan, agenda muhibbah organisasi ke DPC se-Provinsi Jawa Barat dalam rangka silaturahmi dan menguatkan struktur organisasi. Pertemuan dengan DPC Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan adalah kunjungan yang ke-19.

“Berarti kira-kira tinggal 8 DPC lagi yang belum kami kunjungi. Konsolidasi juga ditujukan untuk menguatkan struktur partai yang ada di tingkat cabang, sekaligus persiapan verifikasi partai dan rekrutmen calon anggota DPRD di setiap DPC,” papar pria asal Kota Cirebon itu.

Terkait Pemilihan Bupati (Pilbup) Cirebon, pihaknya mengembalikan ke daerah. DPP masing-masing daerah dipersilahkan untuk menjaring bakal calon mana yang lebih pantas dan lebih berkomitmen untuk PPP di daerah masing-masing.

“Kebetulan di Jabar itu ada 16 daerah yang akan menggelar Pilkada 2018 atau 17 denagn pemilihan gubernur (pilgub). Di wilayah III antara lain Kota/Kabupaten Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Majalengka. Semua kami serahkan ke Desk Pilkada DPC masing-masing,” lanjut dia.

Tentang perkembangan di Kabupaten Cirebon Daryanto belum tahu siapa saja yang sudah mendekati PPP. Pasalnya ampai hari ini belum ada laporan dari DPC, karena memang belum membuka penjaringan calon.

Ketua DPC PPP Kabupaten Cirebon, Mujahid MPD menambahkan, konsolidasi intinya penguatan organisasi untuk tingkat DPC, PAC, dan Ranting. Diakui dalam pembahasan konsolidasi banyak di antaranya bahas pilkada dan pileg.

Dikatakan, menghadapi Pilbup Cirebon PPP punya figur tersendiri. Jika dari partai lain tidak ada yang meminang, maka PPP akan independen. Sejauh ini yang sudah berkomunikasi lebih dari dua dan masih dirahasiakan.

Dalam penguatan organisasi, untuk struktural pihaknya mengedepankan sumber daya manusia (SDM). Pihaknya tidak memprioritaskan wajah lama atau wajah baru.

“Pada intinya di kepemimpinan saya akan dilakukan restrukturisasi atau meremajakan organisasi. Artinya yang sepuh biarlah naik ke atas, saatnya disi oleh yang muda,” pungkasnya. (*)

Laporan: Abdul Bari

Related posts