kuping kiri

Punya Perda KTR, Iklan Rokok kok Masih Terpasang Bebas!

Punya Perda KTR, Iklan Rokok kok Masih Terpasang Bebas!

Cirebonplus.com (C+) – Banyaknya iklan perusahaan rokok di beberapa reklame di Kabupaten Indramayu dipersoalkan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Indramayu. Lembaga ini menyayangkan, pasalnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di sejumlah tempat instansi pemerintah dan swasta.

Pendapat tersebut disaampaikan Dosen Pembina Kemahasiswaan Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKes Indramayu, Depi Yulyanti SKM beberapa hari lalu. Menurutnya, Indramayu sangat luar biasa sudah memiliki Perda KTR dibandingkan kabupaten/kota lain yang belum punya.

“Namun kenyataanya perda itu sendiri kenapa hanya KTR yang dikaitkan, tidak sekalian melarang edaran rokok, baik berupa iklan maupun sponsor. Sehingga seolah-olah komitmen pemda itu kurang serius,” kata dia.

Menurutnya, perusahaan rokok yang memasang iklan dan menjadi sponsor di setiap even kegiatan ketika mengeluarkan pajak dengan nilai sangat tinggi dianggapnya tidak menjadi masalah. “Tetapi ketika masyarakat meninggal akibat dampak merokok dan kurang seriusnya peran pemerintah daerah itu menjadi permasalahan besar sendiri dan bagaimana komitmen sesungguhnya,” tambahnya. (Abdullah/Rilis)

Related posts