kuping kiri

Rakor Persiapan Konfercab, PAC Dorong Jimus Kembali Pimpin DPC PDIP

Rakor Persiapan Konfercab, PAC Dorong Jimus Kembali Pimpin DPC PDIP

Cirebonplus.com (C+) – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Cirebon mengundang Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) se-Kabupaten Cirebon. Mereka diundang untuk mengikuti Rapat Kordinasi Cabang (Rakor) DPC PDIP.

Dalam kesempatan tersebut, agenda utamanya adalah penyampaian DPC PDIP Kabupaten Cirebon tentang hasil agenda Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Barat dalam menyikapi keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP bahwa agenda kongres dipercepat. Hal itu disampaikan Ketua DPC PDIP Kabupaten Cirebon, H Mustofa SH di ruangan kantor secretariat partainya, Sabtu (29/6).

Mustofa mengatakan, tujuan dipercepatnya Kongres DPP PDIP adalah dalam rangka memenangkan PDIP pada tahun 2024. “Kongres dipercepat satu tahun, karena 2020 kita akan menghadapi 186 Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada),” kata Mustofa.

Selain itu, lanjut Mustofa, percepatan Kongres salahsatunya guna mengawal pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan KH Maruf Amin dan mempersiapkan Pemilihan Presiden (Pilpres) lima tahun ke depan agar posisi presiden bisa kembali berasal dari kader PDIP.

Dengan dipercepatnya kongres, sambungnya, ketua umum DPP PDIP meminta agar prosesnya harus secara buttom up dari bawah. Proses ini dimulai dari DPC dan DPD.

“Karena memang kongres utusannya terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara DPC dan DPD, maka diawali dengan konfercab dan konferda,” tandasnya.

Kendati demikian, DPC PDIP Kabupaten Cirebon sudah menentukan tanggal terkait pelaksanaan konfercab. Disepakati penentuan tanggal konfercab pada tanggal 14 Juli.

Pengakuan Jimus, pelaksanaan konfercab ini tidak dilaksanakan sendiri-sendiri, tetapi dikordinir oleh DPD dan bersaaman dengan kelima DPC yang ada di daerah terdekat Cirebon. “Konfercab ini bersamaan dengan DPC yang lain, DPC Kota Cirebon, DPC Indramayu, DPC Subang, DPC Majalengka dan DPC Sumedang,” kata dia.

Untuk teknis pemilihannya, Jimus menyampaikan bahwa setiap PAC diberikan kelengkapan administrasi untuk melaksanakan rapat PAC. Dalam rapat PAC diberikan kelengkapan administrasi dan pelaksanaan rapat PAC sejak saat ini dilaksanakan secara serentak.

Setiap PAC, tukas Jumus, harus menyerahkan hasil rakor kepada DPC yang berisi ajuan tiga nama calon ketua DPC hasil dari musyawarah mufakat.

“Sebelum tanggal 14 Juli PAC harus segera menyerahkan hasil rapat. Hasil rapat ini untuk mengusulkan dan musyawarah mufakat bersama PAC tiga nama calon ketua DPC,” kata dia.

Diakui, selama ini belum muncul sosok calon ketua DPC PDIP Kabupaten Cirebon untuk periode ke depan. Dalam pelaksanaan konfercab ke depan, Mustofa mengaku diminta dan mendapatkan dukungan dari para ketua PAC untuk menyalonkan kembali sebagai ketua DPC PDIP Kabupaten Cirebon.

“Saya juga dalam rakor tadi itu diminta ketua PAC. Saya ucapkan terima kasih atas permintaan dan dukungannya,” ujarnya. (Muhamad Uya)

Related posts