kuping kiri

Ramadan, Baznas-LAZISNU Kabupaten Cirebon Berbagi Sembako untuk Warga Miskin

Ramadan, Baznas-LAZISNU Kabupaten Cirebon Berbagi Sembako untuk Warga Miskin

Cirebonplus.com (C+) – Dua lembaga filantropi Badan Amil Zakat Infak dan Sodakoh Nasional (BAZNAS) dan Lembaga Amil Zakat Infak dan Sodakoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) menyepakati kerja bareng di bulan Ramadan ini. Bentuknya, bagi-bagi Sembilan bahan pokok (sembako) kepada warga kurang mampu, anak yatim, orang tua jompo dan mereka yang berhak menerima.

Ketua LAZISNU Kabupaten Cirebon, H Asep Safullah mengatakan, pembagian paket sembako akan dilakukan di lima kecamatan. Hingga saat ini baru dua kecamatan yang terealisasi yakni 20 orang di Kecamatan Dukupuntang dan 20 orang di Kecamatan Palimanan.

“Baru dua kecamatan yakni Dukupuntang dan Palimanan. Penyerahannya secara simbolis dilakukan oleh jajaran komisioner Baznas bersama LAZISNU dan PCNU Kabupaten Cirebon,” lanjut pria asal Sindangjawa, Kecamatan Dukupuntang itu kepada Suara Cirebon, Senin (13/5).

Menurutnya, pembagian bantuan sembako dilakukan secara acak baik di daerah wilayah barat maupun wilayah timur Cirebon. Penerimanya juga dilakukan seleksi, terutama yang benar-benar membutuhkan.

“Kami sebar di wilayah barat dan timur. Hingga saat ini baru dua kecamatan, selanjutnya ada tiga lagi. Totalnya ada 100 penerima,” ujarnya.

Jumlah tersebut, sambungnya, adalah yang dikerjasamakan saja. Baik Baznas maupun LAZISNU juga berbagi sembako di luar lima kecamatan yang dikerjasamakan.

Untuk isi paket sembako yang dibagikan, Asep membeberkan, antara lain beras, minyak goreng, gula pasir, sirop Tjampolay, kecap bermerek, telor, mi ayam, dan lain-lain. Pembagian paket dilakukan bersamaan dengan acara Operasi Pasar Murah (OPM) Ramadan 2019 yang diadakan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon.

Asep berharap dengan berbagi sembako dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan berbuka dan sahur di bulan Ramadan. Pihaknya berharap masyarakat juga saling berbagi di bulan Ramadan, karena selain dapat meringankan beban sesama, juga pahalanya berlipat ganda.

“Apalagi di bulan Ramadan dan menjelang Lebaran Idul Fitri harga sembako terus naik, bahkan melonjak. Sehingga butuh bantuan dermawan dan lembaga sosial untuk membantu mereka yang membutuhkan,” tutur Asep. (Abdullah)

Related posts