kuping kiri

Repro Sokong Helmy Faisal di Pilgub Jabar, Pendampingnya Desi Ratnasari

Repro Sokong Helmy Faisal di Pilgub Jabar, Pendampingnya Desi Ratnasari

Cirebonplus.com (Ci+) – Selesai Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta, kini perhatian publik bergeser, salahsatunya ke Provinsi Jawa Barat. Aksi dukung mendukung bakal calon pun sudah mulai marak.

Research for Political Regenaration Organization (Repro) mulai mencermati tokoh-tokoh yang ada. Dari hasil telaah media, nama-nama yang sudah beredar di antaranya Ridwan Kamil, Desi Ratnasari, Dedi Mulyadi, dan Dedi Mizwar.

Direktur Repro Indonesia, Hasim Adnan menyampaikan, dari keempat nama di atas, hanya Desi Ratnasari yang memiliki pengalaman di kancah nasional sebagai anggota DPR RI. Sementara tiga nama lain baru di tingkat lokal.

“Jawa Barat sangat memerlukan figur yang pujya pengalaman leadership tangguh dan teruji,” kata Hasim.

Selain nama-nama di atas, Repro menemukan satu nama yang setelah dicermati rekam jejaknya, layak untuk menjadi gubernur Jawa Barat periode 2018-2022. Ia adalah Helmy Faishal Zaini (HF).

Menurutnya, ada beberapa rasinonalisasi mengapa HF layak menjadi gubernur Jawa Barat periode mendatang. Pertama, berpengalaman sebagai legislator selama dua periode sebagai anggota DPR RI.

Kedua, sambungnya, HF juga memiliki pengalaman di eksekutif, karena pernah menjabat Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) periode 2009-2014. Ketiga, HF juga dipercaya menjadi sekretaris jenderal PB NU periode 2015-2020.

Alasan keempat, lanjut dia, HF merupakan putra daerah yang dilahirkan di sisi utara Cirebon dan memiliki latar belakang keluarga santri. Hal itu merepresentasikan dirinya sebagai Muslim moderat.

“Kelima, HF merupakan aktivis dan tokoh muda Sunda yang berkiprah di tingkat pusat. Dikatakan demikian karena HF setelah menyelesaiakan S1 di Universitas Daarul Ulum Jombang, pada tahun 1996 hijrah ke Jakarta untuk ikut dalam barisan pro-reformasi,” paparnya.

Merujuk dari beberapa rasionalisasi di atas, Repro Indonesia menilai HF layak menjadi gubernur Jawa Barat. Adapun untuk wakil gubernurnya, Desi Ratnasari merupakan figur yang cocok mendampingi HF.

“Kecocokan tersebut berdasarkan representasi dari dua wilayah yang akan saling memperkuat. HF representasi wilayah Pantura Jawa Barat, sementara Desi Ratnasari representasi wilayah selatan,” pungkasnya. (*)

Laporan: Kalil Baejeh (Rilis)

Foto: Internet

Related posts