kuping kiri

Ridwan Kamil: Membuka Akses Masuk ke Keraton Bentuk Penghormatan Sejarah

Ridwan Kamil: Membuka Akses Masuk ke Keraton Bentuk Penghormatan Sejarah

Cirebonplus.com (C+) – Mendengar curhatan soal sempitnya akses masuk Keraton Kanoman akibat aktivitas pasar, calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, H Ridwan Kamil (RK) tak banyak basa-basi. Ia langsung saja meminta izin Sultan Raja Emirudin untuk keliling pasar bertemu langsung dengan pedagang.

RK berharap, dengan berdialog langsung bisa mendapatkan masukan dari pedagang. “Mohon izin untuk keliling pasar (Kanoman),” kata dia.

RK pun beranjak dan bergegas menuju Pasar Kanoman. Di sana, ia banyak berbincang dan diskusi dengan para pedagang.

Usai bertemu pedagang, RK menyimpulkan bahwa para pedagang sesungguhnya mau ditata. Syaratnya, penataan yang dilakukan juga berpihak pada pedagang.

RK menegaskan, jalan akses masuk Keraton Kanoman harus dibuka. Baginya, membuka akses masuk orang atau barang ke keraton adalah bentuk penghormatan terhadap warisan sejarah.

Sementara itu, khusus untuk masukan tentang pemberdayaan ekonomi di lingkungan keraton, RK berjanji akan mengirim tim guna mendiskusikan serta merumuskan peluang dan potensi yang bisa dikembangkan.

RK mengunjungi Keraton Kanoman, Kota Cirebon, Rabu (7/3). Ia datang bersama istri, Ataliya Praratya dan ditemui Sultan Raja Mohamad Emirudin, Pati Raja Qodiran, Ratu Raja Arimbi Nurtina, dan keluarga Kesultanan Kanoman.

Laporan: Redaksi

Related posts