kuping kiri

Rois Syuriah-Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon Jadi Nasabah Pertama KSPPS NU Sejahtera

Rois Syuriah-Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon Jadi Nasabah Pertama KSPPS NU Sejahtera

Cirebonplus.com (C+) – Setelah diresmikan akhir pekan lalu, Senin (16/7) Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Nusa Ummat (NU) Sejahtera resmi beroperasi. Lembaga yang berkantor di Jalan Raya Tengahtani itu langsung membuka sejumlah pelayanan sesuai dengan produk yang dikeluarkan.

Sejumlah produk yang digulirkan untuk masyarakat ada dua jenis yakni simpanan (wadi’ah) dan pembiayaan (murobahah). Dua produk itu dikembangkan menjadi simpanan pendidikan, simpanan umrah, simpanan pelunasan haji, simpanan kurban/aqiqah, simpanan pensiunan, simpanan berjangka, pembiayaan haji/umroh, dan lainnya.

Rois Syuriah PCNU Kabupaten Cirebon KH Wawan Arwani bersama jajaran Syuriah, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon KH Aziz Hakim Syaerozi, dan Bendahara PCNU H Imam Taufik jadi nasabah pertama denganmembuka rekening dan mengajukan diri menjadi anggota koperasi. Disusul sejumlah pengurus PCNU dan lembaga-lembaga yang ada di dalamnya.

Ketua Lembaga Perekonomian PCNU Kabupaten Cirebon, H Surahman mengatakan, KSPPS BMT NU Sejahtera Cirebon merupakan cabang lembaga dengan nama yang sama dan berpusat di Semarang. Sistemnya adalah kerjasama dalam memfasilitasi penyelenggaraan penguatan ekonomi masyarakat melalui produk pembiayaan dan tabungan yang dimiliki.

“Jadi lembaga yang dikerjasamakan dengan Lembaga Perekonomian PCNU Kabupaten Cirebon ini merupakan cabang yang ke-64. BMT ini perizinanya sudah skala nasional,” kata pria yang juga manajer area salahsatu perbankan nasional ini.

Surahman berharap keberadaan KSPPS BMT NU Sejahtera dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Cirebon, khususnya warga Nahdlatul Ulama (NU). Semakin banyak dan bagus perputaran uang, lembaga tersebut bisa berkembang dengan baik.

“Mudah-mudahan terus berkembang. Sehingga bisa ada cabang-cabang BMT NU Sejahtera baru lainnya di Cirebon,” harap Surahman di depan para hadirin.

Dikatakan, selain produk simpanan dan pembiayaan, pihaknya juga memfasilitasi masyarakat Cirebon, khususnya warga NU yang ingin beribadah umrah. “Bagi yag mau umrah silahkan datang ke kantor BMT NU Sejahtera,” pungkasnya. (*)

Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon KH Aziz Hakim Syaerozi optimis lembaga pembiayaan berstatus koperasi tersebut dapat berkembang dengan baik. Pasalnya, pengelolanya adalah para professional yang punya pengalaman di dunia perbankan.

“Pengurus Lembaga Perekonomian PCNU Kabupaten Cirebon ini berisi para praktisi perbankan. Baik ketuanya maupun beberapa pengurus lainnya, termsuk Kang Sony yang akan memimpin operasional KSPPS BMT NU Sejahtera ini,” kata Kang Aziz, sapaan akrabnya.

PCNU, sambungnya, patut berterima kasih kepada BMT NU Sejahtera yang berpusat di Semarang karena telah memberikan kepercayaan menggelontorkan dananya untuk dikembangkan di Kabupaten Cirebon. Kepercayaan tersebut diharapkan bisa dijalankan dengan baik oleh pengelola KSPPS BMT NU Sejahtera Cabang Cirebon.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Pembina Lembaga Perekonomian PCNU Kabupaten Cirebon, H Solichin yang terlibat aktif menyiapkan berdirinya KSPPS tersebut. “Kami berterima kasih atas semuanya, termasuk menyediakan tempat untuk kantor cabang ini,” tuturnya. (*)

Laporan: Anshori

Related posts