kuping kiri

Rois Syuriah PCNU Ditentukan 5 AHWA yang Dipilih Kiai dari 40 Kecamatan

Rois Syuriah PCNU Ditentukan 5 AHWA yang Dipilih Kiai dari 40 Kecamatan

SUMBER (Ci+) – Tanggal 25 Februari nanti, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon menggelar konferensi cabang (konfercab). Salahsatu agenda utamanya adalah memilih rois Syuriah dan ketua Tanfidziyah.

Yang menarik dalam helatan lima tahunan nanti adalah soal teknis pemilihan rois Syuriah PCNU. Untuk kali pertama digelar di tingkat kabupaten/kota, sistem pemilihan rois menggunakan mekanisme Ahlul Halli Wal Aqdi (AHWA).

Hal itu dibenarkan Ketua Panitia Konfercab NU Kabupaten Cirebon, Saefudin Jazuli MSI, Selasa (7/2). Menurutnya, untuk pemilihan ketua Tanfidziyah tidak jauh berbeda dengan konfercab sebelumnya.

“Yang mendasar justru pada pemilihan rois Syuriah yang dipilih dengan sistem AHWA. Ini sebagaimana amanat Muktamar NU di Jombang tahun lalu,” kata ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon itu kepada cirebonplus.com.

Untuk teknisnya, lanjut dia, para kiai atau ulama perwakilan dari 40 kecamatan akan menuliskan lima nama ulama yang akan duduk sebagai AHWA. Selanjutnya, para anggota AHWA pilihan rois Syuriah Majelis Wilayah Cabang (MWC) itu akan memilih satu ulama untuk dikukuhkan menjadi rois Syuriah PCNU.

Dikatakan, semangat dari sistem AHWA sebagaimana dirumuskan saat Muktamar Jombang, agar para ulama tidak masuk dalam pusaran tarik menarik para kandidat yang dapat menurunkan marwah ulama.

“Kami telah sosialisasikan sistemnya dengan menghadirkan Rois Syuriah PCNU KH Usamah Manshur, Ketua Tanfidziyah PCNU KH Ali Murtadlo, beserta jajaran,” sambung dia.

Sementara itu, untuk keseluruhan agenda konfercab, sedang dipersiapkan. Dalam waktu dekat rangkaiannya akan segera dimulai.

“Untuk mempersiapkannya, jajaran panitia bertemu hampir tiap hari. Mudah-mudahan berjalan sukses tanpa kendala,” pungkasnya. (*)

Laporan: Mahrus Ali

KETERANGAN FOTO: Para rois Syuriah dan ketua Tanfidziyah MWC NU foto bersama pengurus PCNU usai sosialisasi sistem konfercab, kemarin.

Related posts