kuping kiri

RPJMD Terlambat karena Sibuk Pemilu, Walikota Bantah Isu Renggang dengan Dewan

RPJMD Terlambat karena Sibuk Pemilu, Walikota Bantah Isu Renggang dengan Dewan

Cirebonplus.com (C+) – Setelah disetujui DPRD Kota Cirebon, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Cirebon 2018-2023 pun ditetapkan Jumat (31/5). Penetapan RPJMD tergolong molor atau terlambat dari target sebelumnya.

Terkait keterlaambatan, Walikota Cirebon, H Nashrudin Azis SH menyampaikan alasannya. Menurutnya, keterlambatan persetujuan RPJMD lebih dikarenakan kesibukan.

“Salahsatunya kesibukan anggota DPRD Kota Cirebon dalam menghadapi pemilihan legislatif dan pemilihan presiden belum lama ini. Tidak ada hubungan yang renggang, kami selalu merasa dekat baik secara pribadi maupun lembaga,” ujar Azis.

Walikota Azis meminta seluruh perangkat daerah dan semua komponen untuk melakukan sejumlah langkah strategis dan bekerjasama demi terwujudnya kemajuan dalam pembangunan.

“Dengan ditetapkannya persetujuan RPJMD hari ini, maka kami instruksikan kepada seluruh kepala perangkat daerah untuk memperhatikan sejumlah hal,” kata Azis.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menuntaskan penyusunan rencana strategis perangkat daerah. Tentu ini disesuaikan dengan kewenangan penyelenggaraan urusan pemerintahan dan penyelenggaraan fungsi penunjang urusan pemerintahan masing-masing.

Langkah kedua yang harus diambil yaitu melakukan koordinasi lintas sektoral guna sinkronisasi dan penajaman program dan kegiatan. Selain itu kepada kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Cirebon bersama-sama dengan Kepala Bagian Hukum dan HAM Setda Kota Cirebon juga diminta untuk segera menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang RPJMD ini kepada Gubernur Jawa Barat untuk dievaluasi.

“Dan segera melakukan perbaikan serta penyempurnaan sesuai hasil evaluasi gubernur tersebut,” ungkap Azis.

Terakhir, Azis juga mengajak kepada pimpinan dan anggota DPRD beserta seluruh komponen masyarakat Kota Cirebon untuk bersama-sama mendukung penyelenggaraan pembangunan yang akan segera dilaksanakan. “Mari bersama kita kawal dan senantiasa kita kendalikan serta evaluasi secara berkala,” ungkap Azis. (Dewo)

Related posts