kuping kiri

Rukyatul Hilal di Pantai Baro Gebang Tak Terlihat Terhalang Mendung

Rukyatul Hilal di Pantai Baro Gebang Tak Terlihat Terhalang Mendung

Cirebonplus.com (C+) – Pemerintah telah menetapkan 1 Ramadan 1440 Hijriyah jatuh pada hari Senin (6/5). Hal itu berdasarkan hasil Sidang Isbat Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) di Jakarta.

Penetapan itu Sidang Isbat didasarkan pada hasil Rukyatul Hilal penentuan awal Ramadan di berbagai daerah. Hasilnya, di banyak daerah melalui pantauan teropong melihat munculnya hilal tanda dimulainya aawal bulan 1 Ramadan.

Di Cirebon, pengamatan hilal dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cirebon bersama sejumlah elemen di Pantai Baro, Gebang. Tampak hadir dalam Rukyatul Hilal, jajaran pejabat Kemenag Kota dan Kabupaten Cirebon, pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten dan Kota Cirebon, sejumlah perwakilan ormas Islam, dan lainnya.

Namun sayang, hilal tidak bias teramati dari Pantai Baro, pasalnya tertutup mendung. Sejumlah ahli ilmu falakiyah pun terus memantau dengan harapan mendung hitam bergeser agar dapat melihat hilal.

“Sayang hingga menjelang Magrib masih tertutup mendung dan kami tidak bias melihat hilal. Tetapi, kami mendapatkan informasi valid dari berbagai daerah seperti Gresik, Brebes, Lamongan, Bojonegoro, dan lainnya terlihat, jadi awal Ramadan hari Senin (6/5). Tapi kita tunggu saja Sidang Isbat Kemenag RI,” papar Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon, Aby Bakar Sebly didampingi pengurus Didin.

Sementara itu, di malam 1 Ramadan, umat Islam memenuhi masjid dan musala terdekat untuk menunaikan salat tarawih.

Pantauan Cirebonplus.com di Masjid Raya Weru, Minggu (5/5), jemaah memadati ruang utama salat Tampak saf untuk pria dan wanita penuh. Kondisi yang sama juga tampak di Masjid Perumahan Kaliwulu, Plered, jamaah memedati hampir semua area. (Dewo)

Related posts