kuping kiri

Salah Konstruksi, Jembatan Gantung di Ciledug Dibongkar Lagi

Salah Konstruksi, Jembatan Gantung di Ciledug Dibongkar Lagi

Cirebonplus.com (C+) – Pembangunan jembatan gantung permanen yang melintasi Sungai Cisanggarung dibongkar lagi. Akses lalu lintas di jalur pengubung dua blok di Desa Ciledug Wetan, Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon pun masih terputus.

Jembatan gantung yang seharusnya sudah bisa dilintasi warga dan selesai pada tanggal 1 Januari 2018, ternyata belum selesai. Penyebabnya adalah adanya masalah di konstruksi, sehingga terpaksa dibongkar lagi.

“Jembatan gantung yang melintasi Sungai Cisanggarung dan penghubung dua kampung, Kampung Pelabuhan dan Kampung Kebonawi tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan, ternyata jembatan itu mengalamai masalah,” kata Camat Ciledug, Solihin saat ditemui Cirebonplus.com, Senin (25/3).

Diakui, terjadinya pembongkaran dalam pembangunan jembatan, akibat adanya kesalahan konstruksi. Hal ity menghambat pembangunan jembatan.

Menurutnya, berdasarkan informasi dari pihak pemborong diakui karena kesalahan konstruksi. Ditambah terjadi longsor awalnya di Blok Pelabuhan, sehingga menyebabkan jembatan mengalami pergeseran.

Dikatakan, jembatan gantung itu sudah disurvei Kementrian PUPR dan Komite Konstruksi Indonesia (KKI). Pihaknya mendapatkan rekomendasi dari KKI bahwa jembatan tersebut tidak sesuai dengan spek.

“Untuk mengontrol jembatan itu, turun dari Kementrian dan KKI, maka rekomendasinya tidak sesuai dengan spek. Sehingga bentangannya itu semuanya dibongkar dan harus sesuai dengan spek rencana wal. Sekarang sedang tahap pembongkaran, kemudian konstruksi yang baru harus sesuai dengan spek yang sudah ditentukan.

Selaku camat, Solihin berharap pembangunan jembatan gantung permanen tersebut segera bisa diselesaikan, agar warga sekitar bisa memanfaatkan dan melintasi jembatan tersebut sebagai sarana ekonomi, komunikasi dan aktivitas warga lainnya.

Sementara itu, Tohari selaku warga Ciledug Wetan tidak mau tahu perihal pembongkaran jembatan. Ia hanya ingin jembatan tersebut segara dirampungkan agar mempermudah warga setempat.

“Saya sih tidak tahu yah perihal pembongkaran jembatan. Keinginan saya sih jembatan itu segera dijadikan agar bisa mempermudah masyarakat dalam usahanya dan mempermudah anak-anak sekolah,” kata Tohari. (Muhamad Surya)

Related posts