kuping kiri

Sejumlah Desa Rawan Pangan Mulai Tumbuh, DKP Intens Pendampingan

Sejumlah Desa Rawan Pangan Mulai Tumbuh, DKP Intens Pendampingan

CIREBON (Ci+) – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menggelar rapat koordiniasi dengan desa-desa di Kabupaten Cirebon. Kegiatan roadshow tersebut dalam rangka monitor Desa Rawan Ketahanan Pangan (DRKP). 

Pantuan cirebonplus.com, hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan Asep Pamungkas, Kuwu Desa Pegagan Lor Dra Hj Ii Fariyani, Ketua Tim Penyuluh Desa Sanaji, dan para undangan.

Kabid Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, Asep Pamungkas mengatakan, kegiatan itu merupakaan monitoring program ketahanan pangan. Terutama desa-desa yang masuk kategori rawan pangan.

“Iya kami lakukan pemantauan mas. Terkait perkembangan program ketahanan pangan di desa-desa yang masuk kriteria rawan pangan,” ujar Asep dalam sambutannya, Selasa (14/3).

Menurutnya, dalam rangka mewujudkan desa mandiri pangan di Kabupaten Cirebon, instansinya melakukan berbagai langka. Selain memonitor juga memwujudkan kerjasama dengan sejumlah pihak.

Ada sekitar 20 desa di Kabupaten Cirebon yang masuk dalam rawan pangan di antaranya Desa Pegagan Lor. Sejauh ini mengalami banyak perubahan.

“Alhamdulillah seiring berjalan waktu, desa ini sudah banyak perubahan. Yang dulunya angka kemiskinan mencapai 46 persen dan saat ini sudah mengalami penurunan,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, setiap desa yang masuk dalam kategori rawan pangan diberikan pembinaan. Tidak hanya pembinaan, tapi juga perbantuan dalan sejumlah hal.

Pihaknya memberikan aspresiasi bagi masyarakat desa yang masih amanah dalam menjalankan program. “Program ini ada sejak tahun 2011 dan alhamdulillah masih amanah, terbukti dengan masih berjalan,” tuturnya. (*)

Laporan: DK Priyansa

Related posts