kuping kiri

Selangkah Lebih Maju, Pemekaran Indramayu Barat Bakal Diparipurnakan Februari

Selangkah Lebih Maju, Pemekaran Indramayu Barat Bakal Diparipurnakan Februari

Cirebonplus.com (C+) – Kabar gembira bagi masyarakat di wilayah barat Indramayu. Selangkah lebih maju dari daerah tetangga, Kabupaten Cirebon, gagasan pemekaran Indramayu Barat jutsru akan segera masuk fase penting dari tahapan pemekaran yaitu paripurna pesetujuan DPRD.

Kabar gembira itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indramayu, Ahmad Bachtiar kepada awak media. Ia membocorkan, di bulan Februari 2019 nanti usulan pembentukan daerah otonom baru (DOB) bakal diparipurnakan.

Rapat dewan tersebut bakal membahas persetujuan bersama eksekutif dan legislatif terkait pembentukan Kabupaten Indramayu Barat. Ternyata usulan paripurna tersebut sudah dimasukkan beberapa pekan lalu.

“Untuk prosesnya ada tiga tingkat yakni di Kabupaten Indramayu, provinsi hingga pusat. Di tingkat kabupaten tinggal menunggu bulan Februari, akan ada rapat paripurna persetujuan bersama antara bupati dan DPRD,” ujar sekda, kemarin.

Jika proses itu selesai, sambungnya, maka fase berikutnya adalah masuk ke provinsi. Setelah muncul hasilnya, maka akan langsung diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mengkaji kesiapannya.

Terpisah Ketua Panitia Pemekaran Kabupaten Indramayu Barat (PPKIB), Sukamto menyambut gembira kabar tersebut. Itu artinya, mimpi panjang masyarakat Indramayu Barat bakal segera terwujud.

“Mewakili masyarakat kami sangat bahagia atas keseriusan dari kabupaten induk yang sepenuh hati untuk pemekaran Indramayu Barat. Mimpi panjang masyarakat mudah-mudahan segera terwujud,” ungkap dia sumringah.

Untuk diketahui, aspirasi pemekaran Indramayu Barat sudah muncul sejak 20 tahun lalu. Data yang dihimpun Cirebonplus.com, sejumlah elemen telah memperjuangkannya sejak 1999. (Abdullah/rilis)

Related posts