kuping kiri

Siswa SDIT Al Rahmah Wisata Sejarah dan Budaya Keliling Cirebon

Siswa SDIT Al Rahmah Wisata Sejarah dan Budaya Keliling Cirebon

CIREBON (Ci+) – Siswa-siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Rahmah Gebang Kulon, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon keliling tempat bersejarah dan bernilai budaya, Senin (27/3). Agenda tersebut dalam rangka menggali pengetahuan yang sudah diajarkan di kelas.

Sejumlah tempat yang dikunjungi antara lain Stasiun Kejaksaan Cirebon, Kantor Pos Besar, Keraton Kasepuhan, dan Pusat Batik Trusmi. Semua tempat itu merupakan warisan masa lalu yang hingga saat ini masih difungsikan.

Siti Kholisoh, koordinator pelaksana dan juga guru mata pelajaran Bahasa Indonesia mengatakan, kegiatan ini merupakan aplikasi pengenalan secara langsung mata pelajaran untuk para siswa kelas IV. Di antara materinya adalah tentang membuat surat dan bagaimana cara mengirimnya lewat Kantor Pos.

Kemudian untuk pengenalan alat transportasi secara langsung, siswa diajak ke Stasiun Kereta Api Kejaksan. Sedangkan untuk mengetahui sejarah kerajaan Islam masa laku, siswa diajak ke Keraton Kasepuhan Cirebon.

Sedangkan untuk mengenal karya budaya Cirebon, para siswa diajak ke Pasar Batik Trusmi. Di sana mereka juga belajar membatik.

“Semoga apa yang mereka dapatkan pada kegiatan ini menjadikan bertambahnya wawasan pengetahuan dan pengalaman,” ujar dia. 

Sementara itu, Kepala SDIT Al Rahmah, Muhammad Nursyifa menambahkan, kegiatan semacam ini sudah menjadi program tahunan di sekolahnya, khususnya kelas IV. Siswa tidak hanya diajarkan tidak hanya teori di sekolah, tapi dikenalkan langsung dan dipraktikkan apa yang sudah didapat.

“Sehingga siswa makin mendalam ilmu yang didapatnya. Harapannya semoga anak-anak bisa termotivasi dengan terjun langsung ke lapangan dan menambah semangat mereka dalam belajar,” kata dia. (*)

Laporan: Abdul Bari

Related posts