kuping kiri

Survei Terbaru Poltracking, Ridwan Kamil Unggul dengan Gap Elektabilitas Cukup Besar

Survei Terbaru Poltracking, Ridwan Kamil Unggul dengan Gap Elektabilitas Cukup Besar

Cirebonplus.com (C+) – Jika Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat digelar hari ini, maka elektabilitas Ridwan Kamil unggul dari nama lainnya. Demikian hasil survei yang dirilis Poltracking yang menggunakan sejumlah simulasi, baik individu maupun pasangan-pasaangan.

Dalam rilisnya, Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda membeberkan, survei dilakukan sejak 10 hingga 15 November 2017 yang melibatkan 1.200 responden. Metode survei yang digunakan multistage random sampling.

Survei dilakukan lewat pertanyaan terbuka dengan spontan tentang nama-nama yang beredar kuat sebagai bakal calon gubernur Jabar. Menurutnya, margin error penelitian ini sekitar 2,8 persen atau dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasilnya, untuk elektablitas individu dengan simulasi tiga nama kandidat hasilnya Ridwan Kamil dipilih 46.8 persen responden, Deddy Mizwar 27.6 persen, dan Dedi Mulyadi 10.3 persen. Gap elektabilitas antara Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar hingga 19 persen.

Jika simulasi dilakukan lima nama individu tanpa pasangan, maka hasilnya Ridwan Kamil meraup 43,7 persen suara, kedua Deddy Mizwar 22,7 persen, disusul Dedi Mulyadi 10,1 persen, Dede Yusuf 9,7 persen, dan terakhir Susi Pudjiastuti 1,5 persen. Gap elektabilitas antara Ridwan Kamil dengan nama di bawahnya hingga angka 21,0  persen.

Demikian halnya dalam simulasi head to head antara Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar, walikota Bandung itu masih tetap unggul dengan perolehan 49.4 persen berbanding 28.8 persen. Tetapi dalam simulasi ini ada 34,8 persen responden yang tidak menjawab dan menjawab tidak tahu. (*)

Laporan: Redaksi (Rilis)

Related posts