Syeikh Maroko: Dunia Mengenal Cirebon karena Banyak Melahirkan Ulama

Syeikh Maroko: Dunia Mengenal Cirebon karena Banyak Melahirkan Ulama

Cirebonplus.com (Ci+) – Kantor PCNU Kabupaten Cirebon kembali kedatangan pimpinan tasawuf dari luar negeri. Jumat (12/5) sekitar pukul 15.00 giliran ulama Maroko yang juga Mursyid Thariqoh Tijaniyah, Syekh Muhammad Al Habib Al Jakkani.

Syekh Jakanni datang bersama Habib Saleh Basalamah. Kedatangannya disambut Rois Syuriah PCNU Kabupaten Cirebon KH Wawan Arwani, Katib Syuriah KH Abdul Hadi, Ketua Tanfidziyah PCNU KH Aziz Hakim Syaerozi, Sekretaris Tanfidziyah Ujang Syaekhu, dan para pengurus.

Dalam kesempatan itu, Syeikh Jakkani dalam bahasa Arab menyampaikan berbagai hal tentang Islam Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) dan Cirebon. Beliau merasa terhormat berada di Indonesia dan Cirebon.

Syeikh Jakkani ternyata mengenal betul Cirebon. Baginya, Cirebon adalah salahsatu daerah yang mengukir sejarah, terutama terkait dengan Islam.

Dunia mengenal Cirebon, termasuk masyarakat Maroko. Cirebon memiliki pertalian sejarah dengan Arab dan dihormati karena banyak ulama besar yang syiar Islam, terutama yang berbasis Nahdlatul Ulama (NU).

“NU menjadi garda depan dalam syiar Islam di Indonesia, termasuk di Cirebon. Allah pernah menawarkan amanat kepada alam, tapi manusia yang sanggup. Allah mengutus para nabi dan rosul, mengkader manusia dengan iman atau tauhid. Yang diteruskan kepada ulama, dan lembaga yang memiliki banyak ulama di Indonesia adalah NU,” paparnya yang diterjemahkan Habib Saleh Basalamah.

Menurutnya, ada kesamaan umat Islam Maroko dan Indonesia. Mayoritas umatnya memiliki pemahaman tiga pilar utama yakni Islam, iman, dan ihsan. Juga memahami bahwa Islam memiliki tiga tiang penting yakni tauhid, fikih, dan tasawuf.

“Para ulama membawa misi syiar Islam. Secara global ada tiga tiang Islam, iman, ihsan. Dan di Indonesia hanya NU yang memahami selain aspek tauhid, ada fikih dan tasawuf,” ujar Syeikh Jakkani.

Sementara itu, Rois Syuriah PCNU Kabupaten Cirebon, KH Wawan Arwani Amin menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan mauidzoh Syeikh Jakkani. Pertalian ulama NU dan Maroko, banyak diikat oleh hubungan tarekat atau tasawuf.

Ketua Tanfidziyah PCNU KH Aziz Hakim Syaerozi menambahkan, apa yang disampaikan Syeikh Jakkani baik tentang NU maupun Cirebon, dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan syiar NU di Kabupaten Cirebon. Hal itu menjadi penyemangat bagi para pengurus PCNU yang akan dilantik. (*)

Laporan: Kalil Sadewo

Related posts