kuping kiri

Tak Ingin Banyak Korban, Para Kuwu Inisiatif Perbaiki Jalan Rusak Panguragan-Suranenggala

Tak Ingin Banyak Korban, Para Kuwu Inisiatif Perbaiki Jalan Rusak Panguragan-Suranenggala

CIREBON (Ci+) – Pengguna jalan Panguragan-Suranenggala sedikit lega, sebab jalan yang rusak parah sebagian telah diperbaiki. Meskipun belum permanen, namun perbaikan tersebut bisa mempermudah lalu lintas kendaraan.

Perbaikan jalan diinisasi Kuwu Desa Suranenggala Kidul H Kholid, Kuwu Lemahtamba H Kusnan Agustian, dan anggota DPRD Kabupaten Cirebon dari Partai Golkar H Khanafi. Menggunakan batu obrog Cimalaka, Sumedang, penambalan jalan rusak berlangsung selama tiga hari, Ahad hingga Selasa (5-7/2).

Kuwu Lemahtamba, H Kusnan Agustian mengatakan, belum semua jalan rusak diperbaiki. Baru jalan akses Suranenggala Kidul sampai perbatasan Panguragan Kulon dan Kalianyar.

Untuk dananya, sambung dia, berasal dari swadaya, bantuan Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, H Khanafi (Golkar) dan H Sukaryadi (Nasdem), serta Kuwu Suranenggala Kidul H Kholid. Bila dapat anggaran lagi, perbaikan yang juga mendesak adalah di sepanjang Kalianyar hingga rel kereta Arjawinangun dan Panguragan-Gujeg.

“Ini inisiatif Kuwu Suranenggala Kidul dan dewan H Khanafi, saya hanya peduli keselamatan pengguna jalan,” ujar Kuwu Kusnan kepada cirebonplus.com, Kamis (9/2).

Kusnan mengaku tak tahu ketahanan jalan hasil perbaikan sementara itu. Yang penting baginya lubang jalan yang menganga bisa ditutup, agar masyarakat bisa lebih nyaman.

Ia juga belum tahu kapan pembangunan jalan secara permanen oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon. Kabarnya akan ada perbaikan jalan menggunakan beton, tapi hingga kini belum ada kejelasan.

Ia berharap pemerintah melakukan penanganan jangka pendek, bila dirasa pembangunan betonisasi masih lama. Bila tak segera ditangani, Kuwu Kusnan khawatir akan lebih banyak korban.

“Jangka pendek mohon ada pemeliharaan jangan nunggu lubang banyak. Jangan menunggu korban lebih banyak lagi. Uang apa saja yang penting jalan layak ” pungkasnya. (*)

Laporan: Mahrus Ali

KETERANGAN FOTO: Jalan penghubung Panguragan-Suranenggal diperbaiki dengan material seadanya, Selasa (7/2).

Related posts