kuping kiri

Tangkal Hoax, Kominfo Kota Cirebon Buat Aplikasi Citra

Tangkal Hoax, Kominfo Kota Cirebon Buat Aplikasi Citra

Cirebonplus.com (C+) – Pemilu telah usai, namun beberapa media penyebar hoax masih berkeliaran di dunia maya. Sebelumnya, Menkominfo RI menonaktifkan beberapa medsos seperti WA dan Facebook, bersamaan dengan aksi di depan Bawaslu RI pada tanggal 21-22 Mei 2019.

Tujuan dinonaktifkannya beberapa media tersebut, agar masyarakat tak bisa menerima informasi yang belum tentu kebenarannya begitu pun juga sebaliknya agar tak bisa menyebar informasi hoax. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon, Iing Daiman SIP MSi dalam satu kegiatan, Selasa (25/6).

Iing mengatakan, pihaknya berupaya untuk mengadakan edukasi kepada seluruh masyarakat terkait hoax pasca Pilpres. Termasuk membuat fasilitas aplikasi yang bisa diunduh HP Android.

“Kami Kominfo Kota Cirebon dalam rangka menangkal hoax, selalu mengadakan edukasi kepada masyarakat baik secara formal maupun nonformal. Kami pun juga memfasilitasi aplikasi yang bisa diunduh oleh android yang bernama Citra (Cirebon Dalam Berita),” papar Iing.

Diakui, salahsatu konten dari aplikasi tersebut mengenai info-info hoax. Diadakannya aplikasi tersebut masyarakat bisa berkerjasama dengan Kominfo.

“Salahsatu konten aplikasi Citra ini mengenai info-info hoax, di situ ada satu fitur yang bisa berkerjasama dengan Kominfo bisa diakses kalau berita ini hoax atau tidak, termasuk klarifikasinya,” tambah Iing.

Selain itu, pihaknya dalam waktu terdekat akan mengadakan beberapa even salahsatunya Jabar Cyber Hoax. “Tanggal 27 Juni besok kami akan mengadakan even untuk mengedukasi kepada para pihak tentang bahaya hoax dan antisipasinya,” tuturnya.

Pasca Pilpres, pihaknya mengajak kepada seluruh pihak untuk move on dan tak memperlebar perbedaan. Pesta demokrasi sudah selesai, semua harus kembali membangun Negara Republik Indonesia ini. (Dewo/Ril)

Related posts