kuping kiri

Target Nasdem 100 Kursi, Realistis bila Komposisi Calon Semua Dapil Seperti Cirebon-Indramayu

Target Nasdem 100 Kursi, Realistis bila Komposisi Calon Semua Dapil Seperti Cirebon-Indramayu

Cirebonplus.com (C+) – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) pasang target tinggi di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 nanti. Tak tanggung-tanggung, partai yang dalam pemilu kali ini dapat nomor 5 itu menargetkan 100 kadernya duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI).

Yang mematok target sebanyak itu adalah Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. Bos Media Group tersebut sangat optimis target sebesar itu bisa tercapai. Bahkan ia berkelakar, bila target tak terpenuhi dianggap gagal memimpin Partai Nasdem.

Pernyataan Surya Paloh tersebut keluar saat melakukan pembekalan terhadap para calon legislatif (caleg) DPR RI dari seluruh Indonesia di Hotel Mercure, Jakarta , Sabtu (1/9). “Jumlah kursinya saya harapkan di bawah kepemimpinan saya mendapatkan 100 kursi. Bisa (peringkat) 3 besar, 2 besar, atau 2 setengah,” ujar Surya Paloh disambut tepuk tangan meriah para peserta pembekalan.

Untuk mewujudkan target tersebut, Surya Paloh memotivasi para caleg untuk mengerahkan semua energi yang dimiliki, strategi yang diterapkan, dan terus menunjukkan militansi. Sehingga, 17 April 2019 nanti target tersebut akhirnya tercapai. Ia tidak ingin perolehan kursi Nasdem sama seperti pemilu sebelumnya.

“Sebagai pimpinan partai ini saya paling bertanggung sebagai pemimpin yang gagal bila target tidak mampu saya bawa,” tegas Surya Paloh.

Apakah target tersebut realistis atau mengada-ada? Bila melihat komposisi caleg DPR RI daerah pemilihan (daapil) Cirebon-Indramayu sebagai sampel, sepertinya target sebesar itu tergolong realistis.

Informasi yang dihimpun cirebonplus.com, sejumlah nama beken maju jadi caleg Partai Nasdem memperebutkan suara di tiga daerah yakni Kota dan Kabupaten Cirebon, serta Indramayu. Mereka ada yang berasal dari kalangan artis, eks birokrat pusat, hingga pengusaha dan tokoh daerah.

Dari kalangan artis ada dua nama, yakni komedian kondang H Nurul Qomar dan artis dangdut pantura yang sudah go nasional Diana Sastra. Ada juga nama Nining Indra Shaleh, mantan Sekjen DPR RI.

Selain itu, ada nama tokoh pengusaha Cirebon yang juga anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, H Satori. Informasi yang didapat cirebonplus.com, ia pada Pemilu 2019 nanti maju sebagai caleg DPR RI dari partai berwarna dominan biru tua ini.

Kabarnya ada satu nama lagi yang juga punya nama besar dan bisa mengatrol suara Nasdem di dapil timur Jawa Barat ini. Ia merupakan putra dari salahsatu tokoh nasional.

Bila nama-nama besar tersebut bekerja secara maksimal, dua kursi bukan sesuatu yang mustahil di dapil VIII Jawa Barat ini. Dan, jika komposisi caleg di dapil lain seperti Cirebon-Indramayu, maka apa yang ditargetkan Surya Paloh bisa tercapai.

Sayang, saat cirebonplus.com menelusuri data Daftar Calon Sementara (DCS) DPR RI di portal resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Partai Nasdem tidak ada satu pun nama yang tertera alias kosong. Seperti daftar nama caleg DPR RI belum di-entry oleh KPU. (*)

Laporan: Redaksi C+

Related posts